- WhatsApp : (+62) 8777-739-2959
- Support : Kirim Ticket
- Sales : Kirim Ticket
- Pembayaran : Kirim Ticket
- Blogging
- Jul 13
Tips Mendapatkan Ide Konten Untuk Artikel Website
Domain Murah – Sudah menjadi hal yang mutlak bahwa konten merupakan bagian utama dan terpenting saat kita membangun sesuatu di ranah online. Bukan hanya berbentuk tulisan ada juga foto dan video. Namun tantangannya adalah sering kali kita merasa seperti kehabisan ide tak tahu apalagi yang akan dimuat di blog atau website kita.
Baca juga: Strategi Branding Agar Bisnismu Lebih Dikenal Banyak Orang
Cara menemukan ide konten yang unik
Ide konten bisa datang darimanapun, entah berasal dari konten-konten yang kita saksikan di youtube atau website yang kita kunjungi. mereka berperan untuk memberikan kita ide dalam membuat konten yang unik. Berikut sumber-sumber yang bisa kamu jadikan refrensi mencari ide sebuah konten dari web ataupun blog.
Melihat laporan atau studi dari industri yang sejenis
Ide konten tak serta merta keluar dari kepala yang hanya membayang-bayangkan sesuatu, kamu dapat memulainya dengan membaca artikel laporan dari satu industri yang sama dengan tema konten yang biasa kamu angkat.
Misalnya saja kamu bergerak di industri digital marketing, kamu bisa melihat laporan dari website Think with google pada situs resmi google, disana banyak informasi tentang trend yang sedang berlangsung atau informasi digital terkini. Panduan serta infografis seharusnya bisa menjadi clue untuk sebuah ide baru, kamu dapat menjadikan info-info tersebut sebagai landasan membuat konten yang berkaitan dengan digital marketing.
Bertanya langsung pada loyal audience
Website tanpa trafik mungkin menjadi mimpi buruk bagi para pemilik website, bagaimana agar pengunjung tetap ada dan stabil, salah satunya jalan adalah menyediakan artikel yang benar-benar mereka butuh, lalu bagaimana jika kamu sudah menyediakan artikel tetapi visitor webmu stagnan berada disitu-situ saja? Jalan keluarnya adalah kamu bisa menanyakan langsung kepada visitor yang ada, kira-kira konten apa yang mereka butuhkan. Kamu bisa menyediakan form khusus di halaman website kamu atau menyuruh mereka meletakan ide-ide atau permintaan yang mau dibahas di kolom komentar.
Sering kali kita memandang konten website hanya sebuah kewajibab yang dapat digugurkan hanya dengan mengupdate konten tanpa mempertimbangan masukan, sebenarnya hal ini perlu agar website kamu dinilai mengerti apa sebenarnya yang diinginkan pengunjung website kamu.
Lewat google trend atau hastag Twitter
Google trend akan memberikan kamu tentang informasi terkini yang sedang berlangsung dari situ kamu bisa kembangkan lagi kira-kira konten apa yang akan ditulis atau dibuat, lalu bisa juga kamu melihat hastag di twitter, kenapa twitter? Karena ini merupakan salah satu sosial media yang responsif terhadap isu terkini, terlebih penggunanya lebih nyaman menguptade twit menggunakan teks, dari situ kamu bisa mendapatkan informasi secara detail dengan menggunakan bahasa sehari-hari.
Mengunjungi forum diskusi
Kamu bisa melakukan diskusi forum baik secara online maupun offline, kamu dapat langsung mendengarkan masukan atau dialog dua arah yang dapat kamu ambil kesimpulannya dan bisa dijadikan ide untuk membuat konten baik di blog maupun di website.
Berkolaborasi dengan influencer
Ini mungkin tips menggali ide yang paling memakan biaya, pasalnya ada beberapa influencer yang memasang tarif untuk kerjasama kolaborasi, namun bisa jadi akan sebanding dengan hasilnya, sebab influencer memiliki masa yang tidak sedikit dan tentu timbal baliknya pengunjung website kamu akan medapat banyak sorotan dari hasil kolaborasi tersebut, untuk ide kontennya seperti apa kamu bisa lebih lanjut membahas dengan tim dari influencer atau membahas tentang hal yang menjadi spesialisasi dari influencer tersebut.
Related Posts

Mengapa CTA di Landing Page Anda Tidak Efektif?
Bayangkan ini: Anda telah menghabiskan waktu, tenaga, dan mungkin juga uang untuk membuat landing page yang terlihat sempurna. Desainnya menawan, copywriting-nya tajam, dan gambarnya menggoda. Namun, ada satu masalah besar—pengunjung tidak mengklik tombol Call-to-Action (CTA)…
- Feb 19

6 Rahasia Headline yang Menjual untuk Landing Page
Bayangkan ini: Anda sudah menghabiskan waktu berjam-jam membuat landing page yang ciamik, desainnya sempurna, copywriting-nya tajam, dan produk Anda luar biasa. Tapi ada satu masalah besar… pengunjung datang, melihat sebentar, lalu pergi begitu saja. Tanpa…
- Feb 18
Latest Post
Pengaruh Latency dan TTFB Terhadap SEO Website
- March 6, 2025
Komentar Terbaru
- M Iqbal Hidayatullah on Memasang Watermark Pada Gambar Secara Otomatis di WordPress
- M Iqbal Hidayatullah on Membuat Artikel Masuk Dalam Halaman Pertama Google
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Upload Gambar WebP di WordPress Tanpa Plugin
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link