- WhatsApp : (+62) 8777-739-2959
- Support : Kirim Ticket
- Sales : Kirim Ticket
- Pembayaran : Kirim Ticket
Jika anda sudah terjun di dunia website, pasti sudah mengenal copywriting. Copywriting merupakan Teknik penulisan atau Menyusun kata – kata untuk digunakan dalam mengisi halaman website, konten, promosi, iklan dan sebagainya dengan maksud untuk menawarkan dan meyakinkan jasa atau produk kepada calon pelanggan agar tertarik terhadap yang ditawarkan.
Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan agar calon pelanggan tertarik membaca dan terpengaruh untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Mengingat pentingnya peranan copywriting dalam campaign bisnis, maka cobalah beberapa tips ampuh copywriting berikut untuk meningkatkan bisnis yang anda jalani
Buatlah Urgensi
Membuat urgensi atau kondisi mendeska sangatlah penting untuk promosi dan pemasaran. Hal ini agar calon pembeli tidak menunda waktu untuk membeli produk yang ditawarkan. Karena merasa takut promosi akan segera habis, calon pembeli akan tertarik membeli meski tidak ada niat belanja sebelumnya.
Contoh dari promosi ini misalnya penjualan produk tertentu hanya pada hari tertentu saja dalam setahun.
Gunakan Call to Action
Setelah merencanakan program promo urgensi, maka selanjutnya adalah membuat iklan atau promo untuk mengaplikasikannya. Caranya adalah membuat kalimat atau slogan untuk Call to Action yang berisi desakan untuk membeli segera. Misalnya promo diskon 50% all item pada hari ulang tahun perusahaan saja.
Gunakan Informasi yang Sederhana
Tujuan dari copywriting adalah menarik calon pembeli dengan kata – kata yang mudah dimengerti. Tulislah promosi dengan bahasa singkat dan sederhana agar calon pembeli tidak kebingungan. Terkadang meski promo anda menarik namun calon membeli tidak jadi beli hanya karena tidak mengerti promo seperti apa yang ditawarkan.
Hindari Meniru Copywriting Orang Lain
Anda harus memiliki coprwriting yang unik dan memiliki ciri khas. Setidaknya copywriting anda tidak menyamai milik orang lain. Misalnya dengan menyambungkan brand dan produk ketika promo musiman tiba. Pastikan untuk tidak meniru kalimat atau slogan yang sama.
Tawarkan Berbagai Layanan Gratis
Berikan beberapa layanan gratis untuk menarik minat pelanggan datang ke toko anda. Misalnya layanan penukaran atau pengembalian yang mudah, kantong belanja gratis dan lain – lain.
Tawarkan Voucher Hadiah
Tips selanjutnya adalah dengan menawarkan diskon atau voucher. Mekanisme pemberian voucher atau diskon ini bermacam – macam. Misalnya dengan berbelanja minimal Rp.500.000 dan kelipatannya akan mendaptkan voucher sebesar Rp.50.000. Anda bisa mendapatkan keuntungan karena pembeli akan datang kembali untuk membelanjakan vouchernya. Kemungkinan mereka akan berbelanja lebih dari nominal voucher yang diberikan.
Cara lainnya misalkan dengan belanja minimal Rp.100.000 dan kelipatannya akan mendapatkan stiker. Dan stiker ini bisa dikumpulkan untuk mendapatkan berbagai reward yang disediakan.
Menambahkan Ulasan Pelanggan
Meski sudah banyak transaksi jual beli online, tapi ada banyak orang yang masih khawatir dalam berbelanja online. Nah, ulasan pelanggan bisa anda tambahkan dalam copywriting untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli.
Pahami Calon Pembeli
Pahami karakter dan situasi calon pembeli anda. Hal ini mempengaruhi keinginan mereka berbelanja. Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan
Apa demografi calon pembeli Sudah anda tentukan?
Mengapa calon pembeli butuh produk anda?
Mengapa calon pembeli memilih brand anda?
Mengapa calon pembeli menginginkan produk anda?
Design Website Semenarik Mungkin
Halaman produk pada website berpeluang tinggi untuk dibuka oleh pelanggan. Jadi buatlah tampilan semenarik mungkin dan berikan deskripi produk yang detail. Detail harus sesuai dengan gambar yang ditampilakn. Jangan lupa untuk meletakkan brand value sebanyak mungkin, misalnya di homepage, produk, penelusuran, kategori, halaman keranjang belanja dan lain – lain.
Uji Error 404
Terlihat sepele, tapi percayalah bahwa error 404 sangatlah berpengaruh terhadap keinginan pelanggan dalam membeli. Error ini muncul karena file atau halaman yang diakses tidak bisa ditemukan, kemungkinan karena masalah caching atau compatibility.
Untuk mengantisipasinya anda bisa menyiapkan copywriting yang ramah dan minta maaflah atas masalah error 404 yang terjadi.
Ucapan Terima Kasih
Setelah selesai belanja, ucapan terima kasih memang wajib ada. Setelah itu, anda bisa membuat copywriting untuk mengarahkan pembali agar tetap terkoneksi dengan toko anda dengan mendaftarkan akun media sosial atau kontak mereka. Disamping itu, anda juga bisa mengajak mereka untuk melihat rekomendasi produk lain, menawarkan kupon atau meminta untuk memberikan penilaian terkait pengalaman belanja mereka.
Setelah membaca beberapa tips diatas, anda bisa mulai mencoba dan mulai menyusun goal campaign agar dapat menyusun copywriting promo.
Related Posts
Email Marketing vs Media Sosial: Mana yang Lebih Baik untuk Bisnis?
Dalam dunia pemasaran digital, pertanyaan besar yang sering muncul adalah: mana yang lebih efektif antara email marketing vs media sosial? Anda tentu sudah familiar dengan kedua strategi ini yang sama-sama punya potensi luar biasa. Namun,…
- Jan 13
Pengertian Email Marketing
Salah satu strategi cara untuk menaikkan penjualan serta meningkatkan brand awareness adalah dengan email marketing. Lalu, bagaimana cara untuk menaikkan penjualan dengan email marketing? Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa strategi dan juga tools…
- Jun 26
Latest Post
5 Kesalahan Email Marketing yang Harus Dihindari Agar Tidak Boncos
- January 17, 2025
Komentar Terbaru
- M Iqbal Hidayatullah on Memasang Watermark Pada Gambar Secara Otomatis di WordPress
- M Iqbal Hidayatullah on Membuat Artikel Masuk Dalam Halaman Pertama Google
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Upload Gambar WebP di WordPress Tanpa Plugin
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link