- WhatsApp : (+62) 8777-739-2959
- Support : Kirim Ticket
- Sales : Kirim Ticket
- Pembayaran : Kirim Ticket
- Bisnis
- Mar 17
Perbedaan Marketing dan Advertising, Mengapa Keduanya Penting?
Dunia bisnis pasti sangat akrab dengan Marketing (pemasaran) dan advertising (periklanan). Jangan sampai salh, keduanya memang sangat mirip tapi manfaat utamanya berbeda.
Bisnis yang sukes mempunyai sistem marketing dan advertising yang bagus. Kenapa demikian? Karena kedua hal tersebut sangat berperan dalam meningkatkan penjualan. Kombinasi marketing dan adviertising adalah hal yang patut kalian pelajari dan pahami.
Apa itu Marketing dan Advertising?
Marketing
Marketing atau pemasaran adalah serangkaian aktivitas untuk menciptakan, menyampaikan, mengkomunikasikan dan melakukan penawaran bernilai terhadap klien, mitra dan orang – orang yang akan menjadi konsumen. Intinya adalah adanya analisis dan perencanaan mendalam terhadap aktivitas usaha yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan hasil penjualan yang memuaskan dari hasil penawaran.
Advertising
Advertising atau periklanan adalah serangkaian aktivitas untuk menarik perhatian masyarakat melalui sebuah platform berbayar atau dengan memakai jasa penyedia informasi. Dari advertising sinilah, calon konsumen akan menerima informasi mengenai produk yang dipromosikan.
Bagaimana Marketing dan Advertising Bekerja?
Marketing
Banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan marketing atau pemasaaran. Bagaimana persiapannya? Berikut penjelasa lengkapnya
- Lakukan riset dahulu terkait produk yang akan dipasarkan. Kenali dulu produknya dan kalian akan tahu siapa sasaran konsumen yang tepat untuk menjadi pelanggan
- Lakukan riset terhadap calon pelanggan untuk mengetahui karakter mereka. Sehigga kalian bisa tahu produk seperti apa yang mereka inginkan dan butuhkan
- Susun strategi pemasaran berdasarkan hasil riset yang didapatkan
- Mulailah memasarkan produk
Setelah memasarkan produk, kalian bisa menunggu dan melihat reaksi pelanggan terhadap produk tersebut. Jika responnya positif bisa kalian lanjutkan untuk memenuhi target penjualan.
Berikutnya, kalian bisa membuat brand sendiri agar produk menjadi unik dan mempunyai ciri khas sendiri. Dengan begitu, pelanggan akan mudah mengenali dan mengingat nama produk kalian. Jangan lupa untuk menyelaraskan preferensi konsumen dengan elemen warna, desain dan logo dari brand.
Tidak perlu khawatir, hasil riset produk dan pelanggan dari langkah diatas bisa kalian gunakan sebagai dasar penentuan brand. Bahkan, data tersebut bisa digunakan sebagai penentu kapan, di mana, dan format iklan untuk promosi.
Selain riset diatas, melakukan evaluasi produk juga diperlukan untuk mencapai kepuasan pelanggan. Dari sini, kalian akan melihat kesalahan dan kekurangan dari produk sebelumnya yang selanjutnya dapat diperbaiki untuk menjadi produk terbaik. Disamping itu, hal ini dapat menjaga agar pelanggan tidak kabur ke competitor.
Nah, berikut ini ada empat strategi pemasaran yang harus kalian tahu atau dikenal sebagai 4P strategi pemasaran, diantaranya yaitu
- Product (produk) artinya produk dan jasa yang ditawarkan dipasar harus memenuhi permintaan konsumen mulai dari kebutuhan sekarang hingga mendatang.
- Price (harga) artinya memberikan harga yang sesuai agar tidak membebani konsumen dan penjual tetap mendapatkan untung. Hal – hal yang mempengaruhi harga adalah nilai keuntungan, margin dan hal – hal yang mempengaruhi keinginan konsumen untuk membeli/tidaknya dari produk
- Place (tempat) artinya mengacu pada tempat terjadinya transaksi. Hal ini sangat berpengaruh dalam mengatur strategi pemasaran. Tempat yang dimaksud meliputi lokasi distribusi produk, bisa juga outlet fisik maupun platform online
- Promotion (Promosi) artinya semua hal yang termasuk dalam penyampaian pesan dari suatu produk atau jasa yang dilakukan oleh sebuah brand.
Advertising
Advertising atau Periklanan adalah salah satu penopang dari strategi pemsaran. Atau denga kata lain yaitu sarana penyampai eksposur dari sebuah produk atau jasa. Dari advertising ini diharapkan pelanggan akan tertarik dan berminat untuk membeli produk atau jasa yang diiklankan.
Ketika target audiens terpenuhi dan tersampaikan secara benar maka strategi pemasaran berikutnya adalah mempertahankan pelanggan agar tidak kabur dan beralih ke kompetitor. Nah, advertising inilah yang berperan dalam meyakinkan pelanggan bahwa produk atau jasa yang diiklankan adalah yang terbaik.
Disamping itu, advertising yang tepat akan mempengaruhi perilaku konsumen. Maka dari itu, butuh perencanaan yang matang untuk mencapai itu. Mulai dari ketepatan waktu dan strategis, fokus pada posisi dan kreativitas media. Perencanaan yang matang dilanjutkan eksekusi yang dilakukan oleh orang kompeten
Nah, itu penjelasan mengenai Marketing dan advertising, mirip tapi tak sama dan selalu berdampingan. Selamat berbisnis dan semoga berhasil.
Related Posts
Cara Membuat Marketing Plan dengan Cepat
Cara Membuat Marketing Plan . Bagi kamu yang bekerja di bidang marketing tentu sudah akrab dengan istilah marketing plan. Rencana pemasaran ini seringkali menjadi tanggung jawab seseorang yang bekerja di bidang marketing, dan menjadi sesuatu…
- Mar 08
Manfaat Memiliki Website: Bagi Pribadi Dan Bisnis
Manfaat Memiliki Website. Berbicara terkait kondisi para pelaku usaha UKM dan juga pemula, kita patut untuk bersyukur, saat ini makin banyak pengusaha yang sudah memahami internet. Bahkan sekarang telah banyak pemilik usaha yang dapat membuat…
- Mar 05
Latest Post
Ini Dia Cara Atasi Tantangan dalam Affiliate Marketing di Media Sosial
- November 11, 2024
Tips Gunakan Google Ads untuk Meningkatkan Affiliate Sales
- November 7, 2024
6 Tips Bangun Personal Brand untuk Affiliate Marketing yang Sukses
- November 6, 2024
Komentar Terbaru
- M Iqbal Hidayatullah on Memasang Watermark Pada Gambar Secara Otomatis di WordPress
- M Iqbal Hidayatullah on Membuat Artikel Masuk Dalam Halaman Pertama Google
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Upload Gambar WebP di WordPress Tanpa Plugin
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link