- WhatsApp : (+62) 8777-739-2959
- Support : Kirim Ticket
- Sales : Kirim Ticket
- Pembayaran : Kirim Ticket
- Informasi
- Jan 20
Panduan lengkap Cara Live-blog atau Liputan Acara Langsung
Jika Anda menghadiri konferensi atau acara yang terkait dengan blog atau nichea, Anda harus mempertimbangkan live-blogging. Blogging langsung adalah memposting pembaruan berkelanjutan ke blog Anda tentang acara langsung, bukan memposting laporan setelah acara selesai.
Melalui blog secara langsung, jika Anda dapat memberikan pembaruan rutin dengan wawasan yang berguna di seluruh acara, pembaca kemungkinan besar akan menjadikan blog Anda sebagai tempat tujuan untuk liputan acara. Selain itu, blog langsung dapat membantu blog Anda mendapatkan visibilitas yang lebih baik dalam penelusuran web dan dapat membantu meningkatkan peringkat blog Anda dengan mesin telusur juga.
Itu sebabnya, Anda harus mempelajari tip dan trik live-blogging seperti seorang profesional, yang menjadi tujuan posting ini
1. Persiapkan dengan baik sebelum acara
Pertama-tama, Anda harus memilih acara yang relevan dengan audiens yang tepat. Konferensi atau acara langsung harus sesuai dengan niche blog Anda dan cocok dengan pembaca Anda. Kemudian, Anda harus menetapkan tujuan untuk live-blogging. Dan terakhir, Anda harus mempersiapkan sebanyak mungkin sebelum acara karena Anda harus memposting update secepat mungkin.
Periksa situs web acara
Situs web acara adalah tempat yang tepat untuk mulai meneliti acara tersebut. Anda bisa mendapatkan jadwal acara beserta pembicara, sponsor, dan peserta korporatnya.
Dengan informasi ini, Anda dapat meneliti lebih lanjut tentang mereka dan membuat konten awal untuk live-blog Anda termasuk detail dan tautan pembicara.
Bicaralah ke speaker
Jika siaran langsung Anda memiliki situs web, acara tersebut mungkin akan mencantumkan jadwal acara bersama dengan pembicaranya. Jika situs tidak menampilkannya, coba periksa situs nanti karena mereka mungkin memposting info pembicara beberapa hari sebelum siaran langsung.
Setelah Anda mengenal mereka, coba hubungi mereka di media sosial dan beri tahu mereka tentang rencana Anda untuk meliput acara tersebut. Anda dapat membagikan tautan posting dengan mereka dan di media sosial dengan atribusi kepada mereka, memanggil mereka dalam percakapan.
Desain grafik dan template
Sebaiknya menyertakan grafik dalam entri blog karena menarik minat pengguna dan membantu SEO. Namun, butuh waktu untuk membuat grafik, jadi Anda harus mempertimbangkan untuk membuatnya terlebih dahulu.
Jika tidak memungkinkan, Anda harus membuat atau mengunduh template grafik dengan ruang yang cukup untuk memasukkan beberapa info atau kutipan dari acara tersebut.
Bersiaplah untuk berbicara dengan audiens Anda
Orang-orang selalu menyukai wawasan orang dalam tentang peristiwa. Jadi Anda harus menyiapkan daftar pertanyaan yang bisa Anda ajukan kepada pembicara dan / atau audiens di acara tersebut. Jika Anda berbicara dengan pembicara, Anda bisa mendapatkan opini mereka tentang acara tersebut.
Atau Anda dapat mendiskusikan acara dengan peserta dan menanyakan pendapat mereka tentang acara dan pembicara.
Berinteraksi dengan audiens
Anda juga dapat menyebarkan berita di saluran media sosial Anda tentang mewawancarai orang-orang di acara tersebut dan meminta orang untuk mengirim pertanyaan. Anda mungkin terkejut dengan kreativitas dan keingintahuan orang-orang dalam mengajukan pertanyaan terkait acara tersebut.
2. Pilih platform blogging
Karena Anda telah mempersiapkan acara tersebut, sekaranglah waktunya untuk memilih platform blog Anda. Anda dapat memilih di antara beberapa opsi berdasarkan pro dan kontranya.
Blog Anda yang sudah ada
Menggunakan blog Anda yang ada sebagai platform live-blogging adalah pilihan yang paling jelas – terutama jika Anda ingin meningkatkan audiens blog Anda melalui live-blogging. Anda mungkin perlu membuat kategori atau tag untuk acara tersebut untuk membantu pembaca Anda mengikutinya. Selain itu, disarankan untuk menulis postingan pengantar.
Atau, Anda dapat membuat satu posting blog atau halaman yang didedikasikan untuk acara tersebut. Namun, Anda harus membuat posting atau halaman per hari untuk acara multi-hari. Anda harus mempertimbangkan memiliki banyak penulis untuk meliput konferensi besar.
Situs mikroblog
Menggunakan situs mikroblog seperti Twitter atau Tumblr untuk membuat blog langsung sebuah acara dapat bekerja lebih baik daripada blog Anda jika Anda ingin memberikan pembaruan singkat.
Selain itu, mungkin lebih baik jika Anda memiliki banyak pengikut di Twitter atau Tumblr. Jika tidak, Anda harus memikirkan tentang blog langsung menggunakan blog atau layanan blog langsung.
Layanan blog langsung
Menggunakan layanan blog langsung seperti Arena.im memberi Anda keuntungan tambahan atas blog atau situs mikroblog Anda. Alat-alat ini menyediakan fitur untuk melibatkan audiens Anda dan menumbuhkan keterlibatan sosial seperti dinding konten, analitik acara, ruang obrolan grup, kontrol spam, dan lain sebagainya.
Selain itu, mereka memungkinkan Anda untuk menyematkan livelog di blog Anda, meningkatkan jangkauan liputan acara Anda. Selain itu, 24liveblog memungkinkan kontributor dan editor untuk menulis di liveblog Anda dan memungkinkan Anda untuk menyiarkan langsung acara tersebut secara langsung.
3. Pilih perangkat yang menyenangkan
Setelah Anda selesai memilih platform untuk live-blogging, Anda perlu memilih perangkat untuk live-blogging. Karena Anda akan selalu dalam perjalanan, pilihan yang paling jelas adalah laptop, seluler, dan tablet.
Ini juga sangat tergantung pada acaranya: apakah masa duduknya akan ketat, apakah Anda perlu mengisi daya seharian penuh, atau apakah Anda akan merasa nyaman menggunakan perangkat?
Anda harus menanyakan pertanyaan seperti itu sebelum memilih perangkat. Anda harus mengisi daya perangkat Anda hingga 100% sebelum berangkat ke acara tersebut. Disarankan untuk membawa baterai ekstra atau power bank untuk berjaga-jaga; Anda tidak pernah tahu apakah Anda akan membutuhkannya. Dan Anda harus membawa tripod bersama dengan kamera – terutama jika Anda berencana untuk melakukan streaming langsung.
Selain itu, jangan lupa untuk menguji perangkat Anda sebelum acara – terutama jika Anda membeli peralatan baru untuk meliput acara tersebut. Tidak ada yang lebih buruk daripada Anda bekerja atau merekam selama satu jam dan perangkat Anda mogok. Atau rekaman menjadi buram atau dihapus atau direkam tanpa audio.
4. Posting blog di acara langsung
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda berada di acara tersebut. Pertama-tama, Anda harus memahami bahwa Anda akan membuat kesalahan. Blogging langsung akan memiliki kesalahan tata bahasa, kesalahan ketik, dan lainnya. Ini sebagian besar tidak dapat dihindari – terutama jika Anda mencoba mengeposkan pembaruan cepat sedekat mungkin dengan waktu nyata selama siaran langsung.
Kemudian, berhati-hatilah dan hormati orang lain dalam acara tersebut. Anda harus memilih perangkat yang sesuai dengan kenyamanan di sana, yaitu, gunakan ponsel atau tablet, bukan laptop jika Anda memiliki lebih sedikit ruang.
Jika Anda mengeklik foto atau merekam video, ingatlah untuk mematikan flash (ini mengganggu speaker) dan naikkan pengaturan ISO sebagai gantinya. Selain itu, jika lampu redup di sana, sesuaikan kecerahan perangkat Anda.
5. Streaming langsung di acara tersebut
Jika Anda ingin memperkaya pengalaman audiens Anda setelah acara tersebut, Anda dapat melakukan streaming langsung bersama dengan live-blogging. Ini membantu audiens Anda mendapatkan liputan acara yang lebih baik dan lebih kaya.
Jika Anda memiliki anggota tim, salah satu dari Anda dapat mengelola kamera untuk streaming langsung sementara yang lain melakukan blog secara langsung.
Streaming langsung
Jika Anda pergi ke acara satu per satu, Anda harus membawa tripod juga (seperti yang saya sarankan di atas). Anda dapat mengatur kamera pada tripod dan kemudian fokus pada live-blogging sementara kamera mengelola streaming langsung ke audiens Anda.
Untuk streaming langsung, Anda dapat menggunakan berbagai platform termasuk Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube. Selain itu, jika Anda memilih layanan blog langsung untuk meliput acara tersebut, periksa apakah layanan tersebut mendukung streaming langsung. Jika ya, Anda dapat melakukan live streaming secara langsung, dan jika tidak, pilih platform dengan audiens paling banyak.
6. Lebih dari sekedar blogging langsung
Blogging langsung tidak boleh menjadi akhir dari liputan Anda di konferensi atau acara. Anda harus mempertimbangkan lebih banyak cara untuk meliput acara dan menjangkau audiens yang lebih besar. Anda dapat mengatur koleksi di Flickr untuk menampilkan gambar acara Anda. Kemudian, Anda dapat membagikan blog langsung Anda di saluran media sosial seperti Twitter dan Facebook.
Related Posts
Pengertian Email Marketing
Salah satu strategi cara untuk menaikkan penjualan serta meningkatkan brand awareness adalah dengan email marketing. Lalu, bagaimana cara untuk menaikkan penjualan dengan email marketing? Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa strategi dan juga tools…
- Jun 26
Shadowban: Apa Itu? dan Cara Menghindarinya
Pernahkah Anda mendengar istilah Shadowban? Istilah ini sering muncul di dunia media sosial dan bisa jadi sangat mengganggu bagi Anda yang aktif di platform tersebut. Tapi, tenang saja! Kami di sini untuk membahas apa itu shadowban…
- May 24
Latest Post
Ini Dia Cara Atasi Tantangan dalam Affiliate Marketing di Media Sosial
- November 11, 2024
Tips Gunakan Google Ads untuk Meningkatkan Affiliate Sales
- November 7, 2024
6 Tips Bangun Personal Brand untuk Affiliate Marketing yang Sukses
- November 6, 2024
Komentar Terbaru
- M Iqbal Hidayatullah on Memasang Watermark Pada Gambar Secara Otomatis di WordPress
- M Iqbal Hidayatullah on Membuat Artikel Masuk Dalam Halaman Pertama Google
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Upload Gambar WebP di WordPress Tanpa Plugin
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link