- WhatsApp : (+62) 8777-739-2959
- Support : Kirim Ticket
- Sales : Kirim Ticket
- Pembayaran : Kirim Ticket
- Mar 09
Menggunakan Personalisasi untuk Meningkatkan Hasil dari Kampanye Email Marketing
Email marketing adalah salah satu strategi digital marketing yang cukup efektif untuk menarik pelanggan. Keefektifan tersebut akan semakin meningkat apabila kamu melakukan personalisasi email marketing. Hal ini dikarenakan pelanggan akan merasa lebih dekat dan dihargai ketika membaca email yang sudah dipersonalisasi, misal dengan menyebut nama pelanggan tersebut.
Namun, personalisasi email marketing tidak hanya sebatas menyebutkan nama pelanggan saja. Tetapi konten email tersebut juga harus sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Tujuannya adalah agar pelanggan merasa email kamu penting serta bermanfaat bagi mereka.
Lantas bagaimana cara membuat personalisasi email marketing yang tepat untuk pelanggan kamu? Yuk, temukan jawaban selengkapnya pada ulasan kami berikut ini!
Apa itu Personalisasi Email Marketing?
Personalisasi email marketing adalah salah satu cara kampanye marketing dengan memanfaatkan email yang secara spesifik memakai data-data dari penerima untuk konten yang disajikan. Tujuan kampanye ini adalah mendorong ketertarikan serta keterlibatan penerima yang merasa pesan yang disampaikan penting dan sesuai kebutuhan atau keinginan.
Personalisasi email juga akan memberikan kesan bahwa kamu tidak mengirimkan pesan tersebut secara massal. Dimana bisnis kamu seolah-olah memberikan konten yang lebih relevan dan bersifat personal.
Pentingnya Personalisasi Email Marketing
Personalisasi email marketing sangat penting bagi sebuah bisnis untuk memenangkan hati pelanggannya. Melalui pendekatan yang terasa personal dengan bersumber dari data-data pelanggan, bisnis kamu bisa membuat konten email yang sesuai dengan masing-masing pelanggan.
Keuntungan yang akan bisnis kamu peroleh dengan melakukan personalisasi pada email marketing adalah sebagai berikut::
- Menarik perhatian pelanggan untuk membuka pesan kamu.
- Memberikan pengingkata engagement dan penjualan bisnis
- Memperkuat user experience dari konten yang sesuai dan pengiriman waktu yang tepat.
- Membangun kepercayaan pelanggan yang menerima konten yang disesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan mereka.
Tips Melakukan Personalisasi pada Email Marketing
Ada beberapa hal penting yang seharusnya kamu lakukan sebelum membuat personalisasi pada email marketing kamu agar email yang kamu kirim sukses menarik orang untuk membaca bahkan hingga membeli produk yang ditawarkan.
Berikut ini adalah tips melakukan personalisasi email marketing yang harus kamu lakukan:
1. Mengumpulkan Informasi Mengenai Pelanggan
Bagaimana kamu dapat membuat konten yang relevan dengan pelanggan tanpa mengetahui informasi tentang mereka? Langkah pertama yang wajib kamu ambil adalah mengumpulkan informasi mengenai pelanggan dengan lebih dalam.
Informasi tersebut dapat kamu peroleh secara langsung dengan bertanya kepada pelanggan. Tetapi jangan bebankan terlalu banyak pertanyaan yang akan membuat mereka enggan untuk menjawab.
Pilihlah beberapa pertanyaan spesifik yang akan membantu pelayanan kamu terhadap mereka lebih baik. Kamu juga dapat menanyakan detail mengenai nama dan alamat email mereka, feedback berupa kritik maupun saran untuk bisnis kamu.
2. Kelompokkan Alamat Email Penerima Berdasarkan Segmentasi
Meski memakai istilah personalisasi email marketing, kamu tetap dapat mengirimkan email ini secara masal. Namun sebelum kamu melakukan pengiriman, sebaiknya perlu mengelompokkan penerima email sesuai dengan segmentasi tertentu, seperti demografi, jenis pelanggan, serta lokasi tempat tinggal hingga peminatan mereka.
Segmentasi email ini akan akan mempermudah kamu dalam menawarkan kampanye pada tiap kelompok pelanggan. Dimana nantinya, pelanggan akan menerima konten atau penawaran yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan mereka.
3. Buatlah Buyer Persona
Buyer persona adalah representasi dari pelanggan yang ideal dari bisnis kamu, yang didasarkan oleh data dan penelitian. Buyer persona diperlukan untuk meningkatan kualitas konten yang kamu buat agar relevan dengan pelanggan. Dimana buyer persona ditentukan dari data-data pelanggan yang sudah kamu kumpulkan sebelumnya.
Selain itu, kamu juga dapat menggabungkan atribut atau tindaksi akan yang sering mereka lakukan untuk melengkapi buyer persona. Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan pengalaman pelanggan yang lebih baik.
4. Fokus Pada Perilaku Pelanggan
Setelah itu, kamu perlu fokus untuk menganalisa perilaku pelanggan. Dari sini, kamu dapat menentukan data customer yang aktif dan yang tidak.
Berdasarkan informasi tersebut, kamu dapat mengirimkan email secara khusus pada pelanggan yang memang tertarik dengan konten bisnis kamu. Cara ini relatif hemat biaya serta dapat mendorong bisnis bisnis kamu berfokus pada strategi konversi lainnya.
5. Manfaatkan Dynamic Content
Dynamic content akan memungkinkan kamu untuk mempersonalisasi konten yang akan dikirimkan lewat email sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Ini berarti kamu akan menawarkan konten yang berbeda kepada setiap penerima email yang kamu jadikan target.
Kesimpulan
Email marketing adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk bisnis kamu. Apabila sudah dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan penerimanya maka akan lebih efektif dan efisien. Hal ini bisa mendorong penerima untuk membuka email tersebut kemudian melakukan transaksi.Oleh sebab itu, sangat penting bagi kamu untuk mengirimkan email marketing yang sudah dipersonalisasi.
Related Posts
Menggunakan Email Marketing untuk Meningkatkan Retensi Pelanggan
Email marketing merupakan salah satu bentuk pemasaran digital yang sangat efektif untuk bisnis apapun. Salah satu manfaat terbesar dari email marketing adalah kemampuannya untuk meningkatkan retensi pelanggan kamu. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips…
- Mar 23
Menggunakan Video dalam Email Marketing: Apa yang Harus Diketahui
Email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang paling efektif dan terjangkau untuk membantu kamu mempromosikan bisnismu, meningkatkan brand awareness, serta menjalin hubungan dengan pelangganmu. Namun, mengirimkan email biasa yang hanya berisi tulisan dan gambar…
- Mar 22
Latest Post
Ini Dia Cara Atasi Tantangan dalam Affiliate Marketing di Media Sosial
- November 11, 2024
Tips Gunakan Google Ads untuk Meningkatkan Affiliate Sales
- November 7, 2024
6 Tips Bangun Personal Brand untuk Affiliate Marketing yang Sukses
- November 6, 2024
Komentar Terbaru
- M Iqbal Hidayatullah on Memasang Watermark Pada Gambar Secara Otomatis di WordPress
- M Iqbal Hidayatullah on Membuat Artikel Masuk Dalam Halaman Pertama Google
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Upload Gambar WebP di WordPress Tanpa Plugin
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link