- WhatsApp : (+62) 8777-739-2959
- Support : Kirim Ticket
- Sales : Kirim Ticket
- Pembayaran : Kirim Ticket
- Mar 04
Membangun Daftar Email yang Berkualitas: Tips dan Trik yang Efektif
Email marketing adalah salah satu bagian dari kampanye bisnis dengan cara mengirimkan email kepada beberapa pelanggan atau audiens yang jadi target bisnis untuk di prospek. Dalam praktiknya, email marketing ini biasanya sering dianggap spam oleh pelanggan atau audiens lalu kemudian dihapus oleh mereka dan kadang dirasa mengganggu.
Hal ini dapat terjadi lantaran konten yang dikirim melalui email tidak menarik. Konten email marketing yang menarik seharusnya dipoles secara personal, mengena dan inspiratif untuk masing-masing pelanggan yang jadi target.
Tips Membangun Daftar Email yang Berkualitas
Ada beberapa tips yang telah kami rangkum dari beberapa sumber untuk membuat daftar email untuk marketing kamu agar jadi lebih berkualitas. Berikut tips dan trik yang efektif yang dapat kamu terapkan:
1. Kenali Jenis-Jenis Email Marketing
Ada berbagai jenis email marketing yang perlu kamu ketahui agar kamu lebih mudah menciptakan berbagai konten yang dibutuhkan oleh bisnis kamu.
- Newsletter email, adalah email marketing yang dibuat dengan tujuan sebagai sarana memberikan informasi kepada pelanggan mengenai penawaran produk terbaru, promosi, penjualan, pemberian kupon, informasi produk sebagainya.
- Press release email, email dengan jenis ini biasanya dikirim pada media sebagai bahan untuk berita di media cetak, online maupun elektronik. Isinya biasanya adalah informasi kerja sama, atau pencapaian yang telah diperoleh oleh brand yang memberikan rilis.
- Katalog, adalah salah satu jenis email marketing yang dibuat dalam bentuk katalog yang isinya fokus pada deskripsi singkat sebuah produk disertai harga dan gambar. Katalog biasanya tidak memakai banyak kata-kata dalam isinya.
- Email video, adalah salah satu jenis email marketing yang isi kontennya adalah video ataupun motion.
- Email survei dan undangan, email ini biasanya mengajak pembaca untuk mengisi kolom survei pelanggan atau menghadiri undangan acara, booth penjualan hingga undangan grup yang diselenggarakan oleh brand tersebut
- Digest email, adalah salah satu jenis email marketing yang berisi kumpulan link dari produk toko online serta artikel.
- Email transaksional adalah salah satu jenis email marketing yang isinya adalah pemberitahuan terhadap proses transaksi pelanggan yang dilakukan melalui website atau aplikasi tertentu yang sasarannya adalah orang yang melakukan transaksi
2. Tentukan Tujuan Dari Pembuatan Email Marketing
Semua marketing yang baik berawal dari tujuan yang jelas. Jika sudah memiliki tujuan yang jelas maka targetnya pun akan mudah untuk diraih. Adapun beberapa tujuan pembuatan email marketing yang perlu untuk kamu ketahui yaitu:
- Menjaga pelanggan yang jadi prospek bisnis
- Membuat segmentasi pelanggan dengan target penerima yang sudah ditentukan
- Menyapa pelanggan baru untuk menginformasikan mengenai jenis produk, hingga model bisnis guna membangun ikatan awal yang bagus dengan pelanggan
- Mengajak kembali pelanggan lama yang sudah tidak aktif
- Meningkatkan keterlibatan pengguna
3. Menambah List Subscriber Email Marketing Baru
Tips membuat email marketing yang efektif berikutnya adalah terus menambah daftar penerima email marketing. Oleh karena itu, formulir berlangganan email wajib disediakan di berbagai platform seperti di bagian awal situs hingga di dalam konten situs yang mungkin dibuka oleh calon pelanggan.
Kamu juga bisa menambah list pelanggan atau subscriber dengan cara membuka stand pada suatu event yang disediakan kemudian memanfaatkan tools digital fire.
4. Buat Email Marketing Yang Bersifat Personal pada Setiap Pelanggan
Dengan membuat konten email yang bersifat personal merupakan tips berikutnya untuk membuat email marketing lebih efektif. Caranya adalah dengan mengirimkan email satu persatu ke pelanggan atau tidak melakukannya dengan cara email blast atau mengirimkan satu email pada sekelompok orang secara bersamaan.
Di email yang dikirim ke pelanggan, kamu bisa menambahkan nama panggilan kepada pelanggan kemudian membuat konten yang isinya sepribadi mungkin atau sesuai kebutuhan dan preferensi pelanggan.
5. Buat Pembaca Email Untuk Bisa Berpartisipasi
Email marketing walaupun sifatnya bisnis ternyata kamu dapat membuat subscriber kamu untuk merespon. Untuk melakukannya fokuskan email kamu pada tiga variabel berikut ini:
- Buatlah konten email marketing yang lebih menghibur, unik dan khas sehingga menarik pembaca untuk memberikan komentar
- Konten email marketing yang disesuaikan target kebutuhan pelanggan. Untuk melakukannya kamu dapat melihat dari gender penerimanya ataupun ketertarikannya terhadap minat serta kebutuhan produk. Ini akan membuat penerima email untuk merespon bahkan membagikan kepada calon pelanggan lain yang berpotensi.
- Membuat email yang lebih personal pada setia pelanggan
6. Pastikan Email Marketing yang Dikirim Bersifat Mobile Friendly
Saat ini, rata-rata pengguna email biasanya mengecek email masuk lewat telepon genggam. Oleh karena itu, penting bagi kamu dan tim pengembang untuk memastikan bahwa email marketing ramah dibuka lewat smartphone.
7. Tersambung Dengan Link Dalam Konten Email Marketing
Salah satu tujuan dari penerapan email marketing adalah dengan meningkatnya trafik ke halaman website dari brand yang bersangkutan. Sehingga di dalam konten yang kamu tebar kamu juga wajib menyertakan link yang terkait langsung dan mengarahkan ke situs perusahaan kamu.
Itulah beberapa tips dan trik membuat email marketing yang berkualitas. Sebenarnya masih banyak cara lain untuk meningkatkan email marketing agar lebih efisien di antaranya dengan membuat tampilan konten yang rapi serta tidak terlihat penuh, memberikan kemudahan untuk berhenti berlangganan dan lain-lain.
Related Posts
Menggunakan Email Marketing untuk Meningkatkan Retensi Pelanggan
Email marketing merupakan salah satu bentuk pemasaran digital yang sangat efektif untuk bisnis apapun. Salah satu manfaat terbesar dari email marketing adalah kemampuannya untuk meningkatkan retensi pelanggan kamu. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips…
- Mar 23
Menggunakan Video dalam Email Marketing: Apa yang Harus Diketahui
Email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang paling efektif dan terjangkau untuk membantu kamu mempromosikan bisnismu, meningkatkan brand awareness, serta menjalin hubungan dengan pelangganmu. Namun, mengirimkan email biasa yang hanya berisi tulisan dan gambar…
- Mar 22
Latest Post
Ini Dia Cara Atasi Tantangan dalam Affiliate Marketing di Media Sosial
- November 11, 2024
Tips Gunakan Google Ads untuk Meningkatkan Affiliate Sales
- November 7, 2024
6 Tips Bangun Personal Brand untuk Affiliate Marketing yang Sukses
- November 6, 2024
Komentar Terbaru
- M Iqbal Hidayatullah on Memasang Watermark Pada Gambar Secara Otomatis di WordPress
- M Iqbal Hidayatullah on Membuat Artikel Masuk Dalam Halaman Pertama Google
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Upload Gambar WebP di WordPress Tanpa Plugin
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link