- WhatsApp : (+62) 8777-739-2959
- Support : Kirim Ticket
- Sales : Kirim Ticket
- Pembayaran : Kirim Ticket
Bisnis online saat ini cukup menjanjikan, apalagi jika didukung dengan cara promosi terbaik yang memungkinkan untuk menghasilkan pendapatan yang signifikan. Viral marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang paling sering digunakan.
Padahal, menggunakan strategi pemasaran semacam ini di era digital saat ini sangat bisa diterima. Ide di balik viral marketing sangat mirip dengan iklan dari mulut ke mulut, atau bisa dikatakan juga sebagai strategi untuk menjangkau konsumen secara verbal.
Ide di balik teknik pemasaran ini memanfaatkan jejaring sosial online. Taktik pemasaran ini mendorong orang untuk berbagi informasi tentang produk atau pesan dengan cara yang kuat, konsisten, dan tahan lama.
Pengertian Viral Marketing
Strategi pemasaran yang dikenal sebagai viral marketing mendorong orang untuk menyebarkan pesan iklan kepada orang lain. Oleh karena itu, paparan dan pengaruh pesan pemasaran akan berpotensi meningkat secara eksponensial.
Mirip dengan virus, strategi pemasaran semacam ini menggunakan penggandaan cepat untuk menyebarkan pesan ke ribuan bahkan jutaan orang.
Jika “dari mulut ke mulut” adalah istilah yang sering digunakan dalam strategi pemasaran tradisional, itu juga dikenal sebagai “viral marketing”, “creating a buzz”, “leveraging the media”, atau “network marketing” di dunia online. Berikut ini adalah proses pemasaran viral:
· Seseorang memiliki pemikiran atau ide.
· Orang tersebut kemudian menanggapi gagasan atau ide tersebut.
· Mau tidak mau, seseorang akan membagikan pesan tersebut.
· Lebih banyak orang akhirnya memahami konsep tersebut.
· Setiap orang baru memiliki potensi untuk merespon konsep tersebut dan menularkannya kepada orang lain.
· Siklus itu berulang hingga menjadi viral.
Baca juga: Cara Cepat FYP di TikTok 2022
Cara Promosi Terbaik Viral Marketing
Melalui jaringan internet yang semakin menduplikasikan dirinya seperti halnya virus komputer, viral marketing dapat menyebar. Dapat disimpulkan bahwa viral marketing membutuhkan koneksi jaringan internet untuk dapat digunakan.
Database pengguna internet yang masuk dapat digunakan untuk menyebarkan konten melalui jenis strategi marketing ini.
Misalnya dari website elektronik gratis seperti Yahoo, Hotmail, atau Gmail yang menawarkan layanan email secara gratis serta beragam penawaran produk.
Bentuk strategi marketing semacam ini merupakan stratei marketing kontemporer yang menjamin ketenaran produk yang dipasarkan. Selain itu, setiap orang memiliki akses fitur secara gratis karena selalu terhubung ke internet.
Karena pengguna internet cukup cerdas untuk membedakan antara konten yang sekedar informatif dan konten yang merupakan bagian dari strategi bisnis atau marketing, diperlukan konsep kreatif dalam jenis pemasaran ini.
Kelebihan dan Kekurangan Viral Marketing
Viral marketing memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan, seperti halnya dengan strategi marketing lainnya. Berikut adalah beberapa kelebihannya:
1. Pelanggan dapat mengajak atau menyarankan rekan kerja mereka untuk berbelanja.
2. Pelanggan akan mendukung bisnis yang mengadopsi strategi marketing ini karena mereka percaya bahwa mereka adalah bagian dari bisnis.
3. Karena pelanggan akan bertindak sebagai promotor, viral marketing akan mengurangi biaya promosi. Pelanggan merasa bukan bagian dari karyawan, sehingga strategi pemasaran ini tidak akan merugikan mereka. Oleh karena itu, kamu tidak perlu merasa bahwa menjalankannya adalah suatu beban dan moral.
4. Karena konsumen sudah mengetahui bisnis online milikmu, tidak perlu melakukan edukasi pasar.
5. Strategi pemasaran ini tidak akan bertentangan dengan rencana lain yang telah kamu siapkan. Pada kenyataannya, viral marketing akan meningkatkan rencana pemasaranmu yang sudah ada.
Ternyata, meski memiliki banyak kelebihan, strategi marketing semacam ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti berikut ini:
1. Kapasitas penerima informasi untuk memahami pesan; tidak semua pelanggan dapat menerima pesan dengan baik.
2. Tidak mungkin untuk mengetahui apakah strategi pemasaran akan efektif dan menghasilkan hasil yang positif.
Pada bisnis onlinemu, viral marketing memiliki kemampuan untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness.
Selain itu, strategi ini dapat digunakan untuk meningkatkan visibilitas dan pendapatan bisnis online. Tanpa adanya kreativitas, viral marketing tidak akan berhasil.
Meski terlihat mudah, strategi pemasaran ini membutuhkan perencanaan yang matang untuk dijalankan. Ya, cara promosi terbaik ini akan sangat menguntungkan, apalagi jika kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis online milikmu.
Related Posts
Email Marketing vs Media Sosial: Mana yang Lebih Baik untuk Bisnis?
Dalam dunia pemasaran digital, pertanyaan besar yang sering muncul adalah: mana yang lebih efektif antara email marketing vs media sosial? Anda tentu sudah familiar dengan kedua strategi ini yang sama-sama punya potensi luar biasa. Namun,…
- Jan 13
Tips Menempatkan CTA yang Efektif di Website
Dalam dunia desain UI/UX, salah satu elemen penting yang sering kali menjadi penentu kesuksesan sebuah website adalah Call to Action (CTA). CTA adalah tombol, tautan, atau teks yang dirancang untuk mengajak pengunjung melakukan tindakan tertentu,…
- Aug 11
Latest Post
5 Kesalahan Email Marketing yang Harus Dihindari Agar Tidak Boncos
- January 17, 2025
Komentar Terbaru
- M Iqbal Hidayatullah on Memasang Watermark Pada Gambar Secara Otomatis di WordPress
- M Iqbal Hidayatullah on Membuat Artikel Masuk Dalam Halaman Pertama Google
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Upload Gambar WebP di WordPress Tanpa Plugin
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link