- WhatsApp : (+62) 8777-739-2959
- Support : Kirim Ticket
- Sales : Kirim Ticket
- Pembayaran : Kirim Ticket
- SEO
- Jun 27
Cara membuat Meta Description yang Baik dan Benar
Meta description adalah sebuah HTML tag, yang tujuan keberadaannya sederhana yaitu membuat orang yang melakukan pencarian dengan keyword tertentu di Search Engine untuk mengklik ke link kamu. Dengan kata lain, meta description ada untuk menghasilkan click-through dari mesin pencari.
Menurut mesin pencari, meta description tidak mempunyai manfaat secara langsung bagi SEO, karena mereka tidak memakainya dalam algoritma untuk menentukan ranking sebuah website. Namun, ada manfaat tidak langsungnya yaitu Google menggunakan indikator click-through-rate (CTR) untuk menentukan apakah sebuah website layak untuk memperoleh ranking yang tinggi.
Semakin banyak orang yang mengklik link website kami di hasil pencarian Google, maka secara otomatis Google akan menaikkan ranking website kami. Inilah mengapa mengoptimalisasi meta description dianggap penting.
Cara membuat Meta Description yang baik dan benar
Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat kami lakukan untuk membuat meta description yang baik dan benar.
1. Usahakan tidak lebih dari 160 karakter
Secara teori, tidak ada jumlah karakter yang dianggap pasti paling benar. Pada akhirnya, semuanya bergantung pada pesan yang hendak kamu sampaikan lewat meta description. Manfaatkanlah ruang yang ada untuk menyampaikan pesan semaksimal mungkin, namun di saat yang bersamaan tetap usahakan untuk membuatnya sesingkat serta seringkas mungkin.
Jika kamu coba mengecek hasil pencarian di Google, kemungkinan besar yang akan kami lihat adalah potongan kalimat sepanjang 120 hingga 160 karakter.
Sayangnya, kita tidak dapat seluruhnya mengontrol apa yang Google tampilkan dalam hasil pencarian. Terkadang, Google memutuskan untuk menampilkan meta description, namun kadang mereka hanya mengambil beberapa kalimat dari copy di website kami. Yang jelas, usahakan untuk menulis keduanya seringkas mungkin. Dengan demikian, jika Google memutuskan untuk memperlihatkan meta description yang telah kamu tulis, paling tidak kalimatnya tidak akan terpotong.
2. Pergunakanlah kalimat aktif yang memotivasi user untuk melakukan action
Jika kamu berminat menjadikan meta description sebagai “undangan” untuk mengunjungi situs situs, pikirkanlah kira-kira apa yang dapat memotivasi user untuk mengunjungi halaman kamu. Pastikan bahwa description yang kamu tulis tidak membosankan, pesannya ambigu, atau susah dimengerti. Orang perlu tahu secara jelas apa yang akan mereka dapatkan di website kamu hanya dengan membaca description.
3. Sertakan call-to-action
Meta description memiliki tujuan untuk menjual. Hanya saja, “produk” yang dijual merupakan link yang menuju ke situs kami. Kalimat-kalimat ajakan seperti Beli sekarang, Pesan sekarang, dan sebagainya juga dapat menjadi pilihan untuk disertakan dalam meta description.
4. Pakailah focus keyword Anda
Jika keyword pencarian sesuai atau sama dengan sebagian dari teks yang ada dalam meta description, Google bisa jadi akan meng-highlight hasil pencarian situs kamu. Hal ini pun akan membuat link situs kami jadi semakin mengundang untuk diklik. Bahkan, terkadang Google juga akan meng-highlight kata yang memiliki makna sama.
5. Jika bisa, tuliskan spesifikasi produk
Jika kamu, misalnya, menjual produk-produk yang diperuntukkan bagi para tech-savvy, ada bagusnya untuk memfokuskan meta description yang kamu tulis pada spesifikasi yang bersifat teknis. Misalnya, kami dapat mencantumkan detail-detail seperti pabrikan, SKU, harga, dan sebagainya.
Jika seseorang telah berniat mencari produk yang kamu jual secara spesifik, maka kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk meyakinkan mereka untuk klik. Cukup dengan mencantumkan informasi yang lengkap, jika memang produk itu adalah yang mereka cari, maka kemungkinan besar pasti akan diklik.
6. Pastikan meta description yang kamu tulis sesuai dengan konten situs
Ini bagian yang paling penting. Google akan tahu jika kamu menulis meta description yang tidak sesuai dengan konten situs kamu, untuk mengelabui user agar mengklik link yang muncul di hasil pencarian. Bahkan Google dapat menjatuhkan penalti pada situs kamu jika kamu melakukan hal ini.
Di sisi lain, description yang misleading atau menipu akan meningkatkan bounce rate situs kamu. Hal ini juga akan menurunkan kepercayaan calon customer terhadap bisnis yang kamu jalankan.
Enam hal di atas merupakan karakteristik dari meta description yang baik serta efektif. Jadikan keenamnya sebagai panduan untuk menulis meta description agar berimbas positif pada SEO situs yang kamu jalankan dan semakin meningkat rangkingnya.
See You!!!
Related Posts
Tips Memilih Tema WordPress yang Ramah SEO
Memilih tema WordPress yang ramah SEO adalah suatu proses yang cukup sulit. Tema merupakan suatu komponen yang akan dilihat pertama kali oleh pelanggan saat berkunjung ke website Anda. Tema yang menarik akan memberikan kesan yang…
- Jun 28
CTA : Cara Jitu Mengarahkan Audiens
Sudah tahukah kamu apa itu CTA? CTA adalah singkatan dari Call to Action, yang merupakan istilah digital marketing yang akan sering kamu temui ketika memasarkan produk secara online lewat berbagai media. Istilah tersebut sangat populer…
- Jun 24
Latest Post
Ini Dia Cara Atasi Tantangan dalam Affiliate Marketing di Media Sosial
- November 11, 2024
Tips Gunakan Google Ads untuk Meningkatkan Affiliate Sales
- November 7, 2024
6 Tips Bangun Personal Brand untuk Affiliate Marketing yang Sukses
- November 6, 2024
Komentar Terbaru
- M Iqbal Hidayatullah on Memasang Watermark Pada Gambar Secara Otomatis di WordPress
- M Iqbal Hidayatullah on Membuat Artikel Masuk Dalam Halaman Pertama Google
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Upload Gambar WebP di WordPress Tanpa Plugin
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link