- WhatsApp : (+62) 8777-739-2959
- Support : Kirim Ticket
- Sales : Kirim Ticket
- Pembayaran : Kirim Ticket
- Bisnis
- Mar 14
Bagaimana Membuat Proyek Sukses dengan Tawaran Diskon”Gratis”
Ada banyak orang yang mulai merintis bisnis dalam berbagai bidang. Mereka menggunakan berbagai strategi marketing untuk melancarkan bisnis. Kondisi ini akan memunculkan banyak persaingan. Jadi, anda mungkin harus memikirkan kembali strategi bisnis Anda karena orang mungkin akan berhenti membeli produk jika pesaing anda menawarkan harga lebih murah atau gratis untuk produk yang sama.
Pelajari semua yang Anda bisa tentang model bisnis gratis untuk tetap menjadi yang terdepan dari pesaing Anda.
Ada berbagai jenis diskon gratis yaitu:
- Beli satu gratis satu (Buy One Get One Free) – Jenis diskon gratis ini ada pada pedagang yang ingin membersihkan inventaris stok mereka. Penjualan gratis semacam ini karena orang berpikir bahwa mereka mendapatkan lebih banyak sementara membeli lebih sedikit meskipun faktanya mereka menghabiskan uang untuk barang-barang gratis.
- Orang lain membayar – Melalui iklan. Orang-orang membeli AdWords dari Google dan itulah alasan kami menggunakan email gratis, mesin telusur canggih, fitur produktivitas hebat, dan lebih banyak produk gratis dari Google.
- Subsidi silang – Produk X gratis tetapi pelanggan membayar harga yang mahal untuk sub-produk Y yang mencakup biaya untuk kedua item tersebut, misalnya, Anda mendapatkan pisau cukur gratis tetapi mata pisau akan dikenakan biaya untuk jangka panjang .
- Freemium – Cukup populer hari ini. Misalnya akun dasar produk gratis tetapi jika pengguna menginginkan lebih banyak fitur, dia harus membayar untuk layanan premium. Pelanggan premium memberikan subsidi gratis untuk produk-produk seperti Flickr, Dropbox, MailChimp.
- Hadiah Ekonomi – Harga produk tidak tetap, misalnya Wikipedia adalah ensiklopedia gratis yang dapat diedit siapa saja, biasanya orang membantu dengan berdonasi. Tipe Hilang – Anda dapat membayar sebanyak yang Anda inginkan untuk font yang Anda unduh tetapi itu tidak wajib.
- Gratis secara nyata – memberikan sesuatu secara gratis tanpa mengharapkan imbalan apa pun, misalnya amal.
Siapa yang menggunakan tawaran diskon gratis?
Banyak perusahaan. Sebagian besar start-up baru menawarkan sesuatu secara gratis, misalnya Spotify, SoundCloud, Rdio, GrooveShark, Evernote, dll. Hal yang sama berlaku untuk merek lama yang sudah mapan seperti Twitter, Skype, Vimeo, YouTube, Google, Yahoo yang semuanya menerapkan sesuatu dari bisnis ini.
Beberapa contoh model yang berhasil menerapkan diskon gratis
Spotify
Michael Woloszynowicz menjelaskan cara kerja model bisnis freemium dan menggunakan Dropbox sebagai contoh. Agar berhasil dengan freemium, Anda memerlukan lalu lintas dalam jumlah besar dan aliran pendaftaran baru yang berkelanjutan.
Pada awalnya, freemium adalah kehilangan uang tetapi titik di mana Anda menjangkau sejumlah pengguna premium, Anda akan mulai menghasilkan uang. Pada titik itu, keuntungan menjadi lebih besar daripada biaya dan model freemium ini akan mulai terbayar.
Agar berhasil, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki fitur yang cukup baik untuk mencapai tingkat konversi yang lebih baik. Model freemium ini bekerja dengan sangat baik bahkan dengan tingkat konversi yang kecil. Hanya 3,5-4% pengguna Dropbox yang membayar untuk semua orang. Anda dapat mencapai ini dengan menguji konsep Anda dalam audiens target Anda. Hal penting lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah visibilitas akun pro dan manfaat yang akan didapat pengguna dengan memilih premium. Anda dapat mencapai visibilitas yang lebih baik dengan penggunaan pengingat yang efektif.
Game Gratis: Angry Birds
Angry Birds gratis untuk Android, Chrome dan Facebook. Dengan membiarkan orang memainkan game ini secara gratis, mereka membangun basis penggemar dan menyebarkan kesadaran merek. Ketika merek tersebut menjadi terkenal, mereka mulai menjual barang dagangan, aplikasi untuk iPhone atau iPad, dan edisi khusus Angry Birds seperti Angry Birds Rio, Angry Birds Space dll.
Mainan
Anda dapat dengan mudah menerapkan diskon gratis dalam bisnis Anda saat ini dengan mengikuti praktik baik yang digunakan oleh perusahaan lain.
Beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum menggunakan model diskon gratis dalam bisnis
- Apa komunitas pelanggan Anda?
Jika Anda menciptakan sesuatu untuk semua orang yang Anda ciptakan untuk siapa pun. Anda harus mempersempit audiens target Anda dan menangani jenis orang tertentu yang tersegmentasi menurut minat, kebutuhan, atau pendapatan. Anda harus menentukan audiens target Anda dan menguji konsep bisnis Anda dengan orang-orang dari audiens target Anda untuk membuat bisnis Anda sukses.
- Masalah apa yang mereka bagi?
Agar berhasil dengan model bisnis gratis ini, Anda harus mendengarkan orang-orang yang Anda gunakan untuk membuat produk dan mencoba membantu mereka memecahkan masalah mereka dengan produk Anda. Tidak ada yang mau mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak membantu mereka memecahkan masalah.
- Apa yang dapat Anda hasilkan setelah Anda memiliki lalu lintas?
Anda harus memutuskan apa yang akan menghasilkan uang ketika lalu lintas cukup besar. Anda dapat menawarkan fitur peningkatan premium, keanggotaan, merilis produk gratis, dan menawarkan dukungan berbayar. Misalnya WooThemes, pemimpin pasar menawarkan tema WordPress berkualitas tinggi; beberapa gratis tetapi dengan tema gratis ini, Anda tidak mendapatkan dukungan apa pun. Jika Anda menginginkan dukungan, Anda dapat membeli keanggotaan dan mendapatkan akses ke forum untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.
- Pro dan Kontra
Salah satu kelebihannya adalah konversi kecil yang dibutuhkan untuk berhasil. Hanya 3-5% pengguna yang membayar sisanya. Itu berarti Anda tidak membutuhkan banyak pengguna yang benar-benar membayar produk agar sukses. Selain itu, memiliki produk gratis lebih mudah untuk dipromosikan serta membangun komunitas di sekitarnya. Untuk keberlanjutan, dibutuhkan sejumlah besar lalu lintas dan pengguna, yang sangat sulit dicapai jika produk Anda sangat baru dan tidak dapat bersaing dengan pesaing besar dalam hal kemampuan untuk dapat ditemukan dan orisinalitas.
Setiap perusahaan itu unik
Anda harus menganalisis perusahaan Anda dan pasar saat ini di lingkup yang Anda targetkan, untuk memilih cara terbaik dalam menerapkan model bisnis gratis dalam bisnis Anda. Setiap perusahaan itu unik dan meskipun apa yang berhasil untuk perusahaan yang disebutkan di atas mungkin tidak berhasil untuk Anda, hal itu memperkuat argumen bahwa Anda harus melakukan analisis Anda sendiri dan menemukan cara terbaik untuk menggunakan ekonomi bebas dalam bisnis Anda untuk menempatkan produk Anda di pasar.
Related Posts
Cara Membuat Marketing Plan dengan Cepat
Cara Membuat Marketing Plan . Bagi kamu yang bekerja di bidang marketing tentu sudah akrab dengan istilah marketing plan. Rencana pemasaran ini seringkali menjadi tanggung jawab seseorang yang bekerja di bidang marketing, dan menjadi sesuatu…
- Mar 08
Manfaat Memiliki Website: Bagi Pribadi Dan Bisnis
Manfaat Memiliki Website. Berbicara terkait kondisi para pelaku usaha UKM dan juga pemula, kita patut untuk bersyukur, saat ini makin banyak pengusaha yang sudah memahami internet. Bahkan sekarang telah banyak pemilik usaha yang dapat membuat…
- Mar 05
Latest Post
Ini Dia Cara Atasi Tantangan dalam Affiliate Marketing di Media Sosial
- November 11, 2024
Tips Gunakan Google Ads untuk Meningkatkan Affiliate Sales
- November 7, 2024
6 Tips Bangun Personal Brand untuk Affiliate Marketing yang Sukses
- November 6, 2024
Komentar Terbaru
- M Iqbal Hidayatullah on Memasang Watermark Pada Gambar Secara Otomatis di WordPress
- M Iqbal Hidayatullah on Membuat Artikel Masuk Dalam Halaman Pertama Google
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Upload Gambar WebP di WordPress Tanpa Plugin
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link