- WhatsApp : (+62) 8777-739-2959
- Support : Kirim Ticket
- Sales : Kirim Ticket
- Pembayaran : Kirim Ticket
- Bisnis
- Mar 13
12 Tips untuk Profil LinkedIn yang Lebih Profesional
Terlepas dari apakah Anda berbisnis, mencoba menempatkan startup Anda di peta, baru mengenal dunia kerja, atau sebagian besar fokus pada pekerjaan nirlaba, LinkedIn adalah alat jaringan yang sangat baik untuk membantu Anda mencapai tujuan profesional Anda.
Tempat berburu headhunter, manajer SDM, dan bisnis baru yang mencari mitra atau peluang, sebaiknya Anda menyiapkan profil LinkedIn profesional, agar Anda dapat memanfaatkan ini.
Tidak seperti di Facebook, di mana profil dapat dibuat dan lebih cocok untuk jejaring pribadi daripada jaringan profesional, LinkedIn mendorong pengguna untuk memberikan tampilan yang sangat profesional ke resume dan / atau profil mereka di situs jejaring. Berikut 10 hal yang dapat Anda lakukan untuk menyempurnakan profil LinkedIn Anda agar terlihat lebih profesional.
1. Profil Terperinci adalah Profil Kuat
Profil LinkedIn mirip dengan resume kerja, di mana Anda menampilkan informasi pendidikan sebelumnya, pengalaman kerja, keterampilan, posisi kerja saat ini, dan gambar profil. Anda dapat mengikuti Kiat Penyelesaian Profil LinkedIn saat mengedit profil Anda.
Selain itu, menambahkan headline dan ringkasan profil akan sangat membantu untuk memberikan kesan.
Judul memberi diri Anda ‘identitas’ profesional, tampilan yang mungkin atau mungkin tidak menampilkan beberapa bagian profil Anda yang lebih mendetail, tersembunyi dari pembaca yang tidak terhubung dengan Anda. Ringkasan akan menonjolkan kepribadian Anda yang dapat melengkapi Curriculum Vitae (CV) Anda jika pemberi kerja melihat profil Anda.
Penting juga untuk menggunakan kata kunci di judul, ringkasan, dan di seluruh profil Anda. Kata kunci dapat terdiri dari minat atau profesi utama Anda dan akan membantu profil LinkedIn Anda lebih sering muncul di hasil mesin pencari.
2. Matikan Sementara Siaran Aktivitas
Jika Anda sudah lama memiliki LinkedIn dan telah terhubung dengan orang lain, memperbarui profil Anda akan mengisi feed mereka dan ‘Dinding’ Anda dengan pemberitahuan pembaruan. Ini berarti bahwa jika Anda kebetulan memilih untuk memperbarui LinkedIn Anda dengan ‘detail lama’, misalnya, jika Anda akhirnya keluar sebagai manajer SDM, koneksi Anda akan berpikir bahwa Anda baru saja mendapatkan pekerjaan itu.
Dengan mematikan siaran aktivitas Anda untuk sementara, Anda dapat secara diam-diam memperbarui profil LinkedIn Anda tanpa memberi tahu dunia.
Untuk melakukan ini, buka ‘Pengaturan’, dan di bawah ‘Kontrol Privasi’, Anda akan melihat ‘Mengaktifkan / menonaktifkan siaran aktivitas Anda’.
Klik itu dan jendela overlay lain akan muncul memungkinkan Anda untuk menghapus centang opsi.
Setelah menyimpan perubahan ini, pengguna lain tidak akan dapat melihat setiap pembaruan profil mendetail yang Anda buat. Anda dapat memilih untuk membiarkannya mati atau menyalakannya setelah Anda selesai mengedit.
3. Koreksi Seluruh Profil Anda
Sama seperti hal lain yang digunakan di dunia profesional, Anda tidak ingin profil LinkedIn Anda memiliki kesalahan tata bahasa atau ejaan. Anda juga harus menyusun ringkasan profil dan informasi penting Anda secara efektif sehingga dapat dikomunikasikan kepada pembaca tanpa membingungkan mereka (sesuatu yang dipelajari dari sekolah komunikasi). Hosting kami digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Orange, HSBC, 1Win Indonesia , dan masih banyak lagi. Jika bisnis Anda membutuhkan infrastruktur server yang handal, penyimpanan cloud, dan layanan terkait lainnya, hubungi tim sales kami di (+62) 8777-739-2959.
Coba tempatkan diri Anda di mata pembaca dan lihat apakah Anda memahami tentang profil Anda. Mungkin juga berguna untuk meminta seseorang menyaring profil Anda untuk mendapatkan opini kedua atau untuk menunjukkan kesalahan yang mungkin Anda lewatkan. Pada dasarnya, perlakukan seperti Anda memperlakukan resume pekerjaan.
4. Jangan Berbohong Tentang Apa Pun
Berbohong tidak ditoleransi dalam dunia profesional, terutama ketika Anda dapat dengan mudah ketahuan. Ini juga berlaku untuk informasi di profil LinkedIn Anda dengan detail seperti pendidikan dan riwayat pekerjaan Anda.
Tidak hanya sangat mudah untuk memeriksa dan mengkonfirmasi apa saja di Internet, ini juga merupakan tanda betapa etis (atau tidak etis) Anda. Tampil tidak dapat dipercaya tidak pernah baik untuk bisnis.
5. Sesuaikan URL Profil Anda
Secara default, URL profil LinkedIn Anda akan terdiri dari karakter alfanumerik acak. Namun, Anda dapat memilih untuk memiliki URL profil yang disesuaikan dengan membuka Pengaturan> Edit Profil Publik> Sesuaikan URL Profil Publik Anda.
Pilih nama yang ingin Anda tampilkan di URL cantik Anda. URL profil Anda akan menggunakan nama Anda. Anda bahkan dapat mengambil langkah lebih jauh dengan memastikan bahwa URL vanity Anda untuk LinkedIn dan Facebook semuanya sama, untuk cakupan tambahan.
6. Memiliki Gambar Profil Yang Benar
Jika Anda tidak memiliki foto bergaya Instagram atau gambar kucing Anda melakukan sesuatu yang pas di resume Anda, jangan taruh itu sebagai foto profil Anda di akun LinkedIn Anda juga. Meskipun Anda bisa bersenang-senang dan menggila dengan sampul Facebook Timeline atau sampul Google Plus, mungkin ada baiknya untuk sedikit merendahkan dan memikirkan bagaimana Anda ingin menampilkan diri Anda kepada calon klien.
Memiliki foto profil terbaru dan berkualitas tinggi tentang diri Anda, yang dengan tepat menggambarkan peran Anda dalam industri akan menjadi taruhan teraman.
7. Gunakan Lencana LinkedIn Di Situs Web Anda
LinkedIn memiliki beberapa desain lencana profil yang berbeda yang dapat membantu Anda mempromosikan profil LinkedIn Anda kepada dunia.
Untuk menemukan lencana ini, buka ‘Setelan’, lalu klik tautan ke ‘Edit profil publik Anda’. Di sebelah kanan, Anda akan melihat ‘Lencana Profil’. Mengklik ‘Buat lencana profil’ akan membawa Anda ke halaman lain di mana Anda dapat memilih dari banyak desain yang tersedia.
Anda dapat menggunakan kode HTML lencana ini untuk digunakan di blog, situs web, atau forum lain yang sering Anda gunakan. Saat pengguna mengklik lencana ini, mereka akan secara otomatis diarahkan ke profil LinkedIn Anda.
8. Aktif di Grup LinkedIn
Grup di LinkedIn adalah tempat bagi anggota untuk berbagi dan berpartisipasi dalam lingkungan profesional di industri atau bidang minat tertentu. Ada banyak grup untuk pencari kerja, alumni universitas Anda, profesi tertentu, dan berbagai asosiasi dari seluruh dunia.
Terlibat secara aktif dalam grup ini dapat mengarahkan Anda untuk membuat koneksi baru dan mungkin mendapatkan pekerjaan baru, terutama karena daftar pekerjaan adalah pemandangan umum dalam grup ini.
9. Personalisasi Permintaan Email LinkedIn
Saat mencoba membuat koneksi dengan sesama profesional, Anda harus mengirim permintaan email kepada mereka. Permintaan sudah terstandarisasi tetapi selalu merupakan ide yang baik untuk mempersonalisasi catatan. Penerima setidaknya akan mendapatkan gambaran tentang siapa Anda dan jika Anda siap, Anda bahkan dapat langsung mengejar dan menyarankan pertemuan bisnis dengan orang tersebut.
10. Gunakan Aplikasi LinkedIn
LinkedIn memiliki aplikasi yang dapat Anda tambahkan ke profil Anda untuk menyempurnakan profil Anda dengan berbagai cara. Misalnya jika profesi Anda adalah seorang blogger full time, maka Anda mungkin ingin menambahkan aplikasi WordPress ke profil yang memungkinkan Anda menyelaraskan posting blog dengan profil LinkedIn Anda.
Jika Anda membuat atau mengedit video hebat dan ingin memamerkannya di profil, Anda dapat menggunakan aplikasi SlideShare atau Box.net yang memungkinkan Anda menyematkan video di profil Anda.
11. Tambahkan LinkedIn ke Tanda Tangan Email Anda
Cara terbaik untuk terhubung dengan klien atau orang yang bekerja dengan Anda adalah dengan menambahkan link profil LinkedIn ke tanda tangan kerja Anda. Ini secara tidak langsung meningkatkan eksposur ke profil LinkedIn Anda, membantu Anda membuat koneksi, bahkan saat Anda tidak aktif melakukannya.
12. Hubungkan LinkedIn dengan Twitter
Di bawah Pengaturan profil LinkedIn Anda, Anda dapat memilih untuk menghubungkan akun Anda dengan Twitter di mana Anda dapat menampilkan Tweet di profil LinkedIn Anda, atau membagikan posting LinkedIn di Twitter.
Jika Anda hanya ingin menampilkan Tweet tertentu dengan koneksi Anda di LinkedIn, Anda dapat menggunakan hashtag #in di Tweet Anda di mana hanya Tweet dengan hashtag tersebut yang akan ditampilkan di profil LinkedIn Anda.
Related Posts
Cara Membuat Marketing Plan dengan Cepat
Cara Membuat Marketing Plan . Bagi kamu yang bekerja di bidang marketing tentu sudah akrab dengan istilah marketing plan. Rencana pemasaran ini seringkali menjadi tanggung jawab seseorang yang bekerja di bidang marketing, dan menjadi sesuatu…
- Mar 08
Manfaat Memiliki Website: Bagi Pribadi Dan Bisnis
Manfaat Memiliki Website. Berbicara terkait kondisi para pelaku usaha UKM dan juga pemula, kita patut untuk bersyukur, saat ini makin banyak pengusaha yang sudah memahami internet. Bahkan sekarang telah banyak pemilik usaha yang dapat membuat…
- Mar 05
Latest Post
Ini Dia Cara Atasi Tantangan dalam Affiliate Marketing di Media Sosial
- November 11, 2024
Tips Gunakan Google Ads untuk Meningkatkan Affiliate Sales
- November 7, 2024
6 Tips Bangun Personal Brand untuk Affiliate Marketing yang Sukses
- November 6, 2024
Komentar Terbaru
- M Iqbal Hidayatullah on Memasang Watermark Pada Gambar Secara Otomatis di WordPress
- M Iqbal Hidayatullah on Membuat Artikel Masuk Dalam Halaman Pertama Google
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Upload Gambar WebP di WordPress Tanpa Plugin
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link