- WhatsApp : (+62) 8777-739-2959
- Support : Kirim Ticket
- Sales : Kirim Ticket
- Pembayaran : Kirim Ticket
Memiliki traffic yang bagus memang impian banyak pemilik website. Tapi, traffic yang bagus saja tidak cukup. Traffic tersebut harus diisi oleh visitor organik. Artinya mereka benar-benar orang, bukan bot atau mesin, dan bukan berasal dari iklan yang Anda pasang. Namun, cara meningkatkan visitor organik sebuah website itu cukup sulit.
8 Cara Meningkatkan Visitor Organik
Meningkatkan visitor organik di sebuah website memang bisa mengandalkan iklan tapi itu hanya di awal saja, karena selanjutnya tidak. Berikut ini 8 cara untuk meningkatkan visitor organik yang mungkin bisa Anda coba!
1. Perhatikan Pembacamu, Bukan SEOnya
Ini sangat dasar, jangan pernah menomor satukan SEO. Karena itu bisa dibilang tidak lebih penting daripada manusia-manusia yang akan membaca artikel atau mengunjungi website Anda. SEO hanya tools untuk membantu. Anda harus memperhatikan pembaca Anda. Membuat tulisan yang menyentuh hati para pembacanya.
Kalau perlu buatlah sebuah konten yang konsisten dan membekas di hati dan pikiran para pembaca Anda. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan visitor organik. Mereka akan datang bukan karena iklan, tapi karena kecintaan dan kesukaannya pada artikel-artikel yang Anda tulis.
2. Gunakan Long-tail Keywords
Jangan cuma menggunakan kata kunci-kata kunci populer di niche dari websitemu saja. Gunakan juga long-tail keyword atau keyword yang jauh lebih spesifik. Menggunakan long-tail keywords membantu Google mengenal website Anda sebagai sebuah website yang bicara hal-hal spesifik. Lebih cepat naik daripada yang bicara hal-hal umum.
3. Ciptakan Konten Berkualitas Secara Berkala
Tentu saja kunci dari meningkatkan visitor organik adalah membuat konten. Tapi tidak hanya sekedar konten, buatlah yang berkualitas. Tidak cukup sampai disitu, buatlah juga sebuah konten berkualitas secara berkala. Ingat, konten kualitas yang berkala ini mampu memikat manusia sungguhan dan membuat mereka perlahan-lahan cinta.
4. Gunakan Internal Link
Cara meningkatkan visitor organik yang berikutnya adalah dengan memakai internal link. Di website pribadi, Anda punya akses untuk menambahkan internal link. Setiap kali membuat artikel, tautkan juga internal link yang lain. Sehingga ketika mereka membaca satu artikel, mereka akan membaca artikel yang lain juga.
5. Gunakan Sosial Media
Tak dipungkiri, sosial media adalah senjata paling ampuh untuk menggaet visitor organik. Anda bisa menggunakan Instagram, Facebook, TikTok, atau bahkan Youtube. Ingat, orang-orang itu lebih sering lalu lalang di sosmed dari pada di mesin pencarian Google.
6. Manfaatkan Google Analytics
Kalau website Anda sudah menggunakan Google Analytics, manfaatkan ini. Kalau belum, segera gunakan. Google Analytics membantu Anda mengumpulkan data tentang siapa yang mengunjungi website Anda, di jam berapa, usia berapa, dan mereka biasanya masuk dari mana. Dengan data ini Anda bisa memutuskan konten atau artikel seperti apa yang mereka sukai.
7. Gabung di Web Community
Ada banyak sekali web community yang tersebar di internet. Mulai dari Kaskus dan banyak lagi yang lainnya. Bergabunglah, aktiflah, dan sesekali komentarlah disana atau buatlah konten dan sharing konten artikel disana. Pasti akan mampu menggaet pengunjung organik ke website Anda.
8. Konsistensi
Last but not least, konsistensi. Percuma kalau Anda menggunakan sosmed, memakai internal link, menggunakan Google Analytics, gabung di website community, atau apapun yang Anda lakukan, bahkan membayar iklan, kalau tidak konsisten membuat konten. Konsisten itu adalah kunci utama!
Percuma juga kalau Anda hanya membuat konten sesuka hati, kadang buat kadang tidak, bisa berbulan-bulan tidak membuat konten, maka para pembaca tidak akan mengunjungi website Anda lagi karena tidak konsisten membuat konten.
Lakukan 8 hal itu dan Anda akan mendapatkan pengunjung organik di website Anda. Memang, kalau mau mendapatkan pengunjung organik itu lama sekali prosesnya. Anda harus sabar juga ya!
Related Posts
Tips Menempatkan CTA yang Efektif di Website
Dalam dunia desain UI/UX, salah satu elemen penting yang sering kali menjadi penentu kesuksesan sebuah website adalah Call to Action (CTA). CTA adalah tombol, tautan, atau teks yang dirancang untuk mengajak pengunjung melakukan tindakan tertentu,…
- Aug 11
Pengertian Email Marketing
Salah satu strategi cara untuk menaikkan penjualan serta meningkatkan brand awareness adalah dengan email marketing. Lalu, bagaimana cara untuk menaikkan penjualan dengan email marketing? Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa strategi dan juga tools…
- Jun 26
Latest Post
Ini Dia Cara Atasi Tantangan dalam Affiliate Marketing di Media Sosial
- November 11, 2024
Tips Gunakan Google Ads untuk Meningkatkan Affiliate Sales
- November 7, 2024
6 Tips Bangun Personal Brand untuk Affiliate Marketing yang Sukses
- November 6, 2024
Komentar Terbaru
- M Iqbal Hidayatullah on Memasang Watermark Pada Gambar Secara Otomatis di WordPress
- M Iqbal Hidayatullah on Membuat Artikel Masuk Dalam Halaman Pertama Google
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Upload Gambar WebP di WordPress Tanpa Plugin
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link