- WhatsApp : (+62) 8777-739-2959
- Support : Kirim Ticket
- Sales : Kirim Ticket
- Pembayaran : Kirim Ticket
- SEO
- Jun 24
CTA : Cara Jitu Mengarahkan Audiens
Sudah tahukah kamu apa itu CTA? CTA adalah singkatan dari Call to Action, yang merupakan istilah digital marketing yang akan sering kamu temui ketika memasarkan produk secara online lewat berbagai media. Istilah tersebut sangat populer lantaran mempunyai peran penting yaitu membantu meningkatkan conversion rate suatu brand.
Apa Itu CTA?
Kamu mungkin sering dengar istilah CTA tetapi tidak tahu apa itu CTA dan apa fungsinya dalam pemasaran? CTA atau Call to Action adalah gambar, tulisan, ataupun ucapan yang akan mendorong pelanggan, pengunjung website, atau audiens untuk melakukan suatu tindakan tertentu.
Sebenarnya, aksi CTA tidak selalu berupa membeli ataupun memesan produk yang kamu tawarkan. CTA itu sendiri dapat kamu sesuaikan dengan tujuan yang ingin kamu inginkan. Beberapa CTA umumnya berupa membaca artikel lebih lanjut, berlangganan layanan, ataupun berlangganan newsletter dari situs web atau blog.
CTA biasanya memiliki link yang akan mengarahkan audiens untuk pergi ke halaman yang diinginkan. Penempatan CTA harus jelas agar audiens dapat mengakses link tersebut dengan mudah. Penggunaan warna yang menarik akan menarik orang untuk melakukan tindakan lebih lanjut sesuai dengan harapan kamu.
Jenis-Jenis CTA
Dengan peran pentingnya dalam dunia digital marketing, CTA dihadirkan dengan berbagai jenis bentuk yang oleh bisnis atau perusahaan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pemasaran mereka. Adapun jenis-jenis CTA yang umum adalah sebagai berikut:
Social Sharing
Salah satu bentuk Call to Action yang paling sederhana adalah ajakan untuk share konten. Kamu dapat mencoba cara tersebut dengan memberikan tombol social sharing. Hal ini akan membantu untuk tahu bagaimana pelanggan dapat terlibat dengan brand milikmu.
Lead Generation
CTA sangat bermanfaat untuk menghasilkan leads pada sebuah website. Leads adalah istilah yang dipakai dalam dunia marketing yang menggambarkan sekelompok orang ataupun perusahaan yang tertarik dengan apa yang kamu tawarkan.
Event Promotion
Jenis CTA berikutnya merupakan event promotion atau promosi acara. Tujuan dari pemakaian CTA jenis ini adalah untuk meningkatkan kesadaran audiens mengenai acara yang akan kamu lakukan sekaligus mendorong pembelian tiket.
Ajakan untuk Melihat Produk atau Layanan
Seseorang biasanya ingin mengetahui secara dekat produk atau layanan yang ditawarkan terlebih dulu sebelum memutuskan untuk membelinya. Tugas kamu adalah mengajak calon pelanggan tersebut untuk melihat daftar produk atau layanan.
Tombol Baca Selengkapnya
Konten tidak harus kamu tampilkan semuanya. Kamu dapat membujuk pembaca untuk mengklik tombol baca selengkapnya. Ini juga adalah salah satu jenis CTA yang banyak diterapkan.
Fungsi CTA dalam Marketing
Hal penting lain berkaitan dengan Call to Action yang wajib kamu tahu dan pahami adalah fungsi CTA dalam pemasaran.
Meningkatkan Lead
Lead disebut juga dengan prospek. Kombinasi antara CTA beserta informasi promo atau diskon dapat kamu pakai sebagai cara untuk meningkatkan prospek penjualan. Namun kamu harus terlebih dahulu menentukan target audiens. Kemudian, kamu harus mempromosikan atau mengiklankan bisnismu agar semakin dikenal oleh banyak orang.
Meningkatkan Konversi
Dengan CTA yang baik serta menarik, kamu dapat meningkatkan konversi. CTA memudahkan pengunjung untuk tahi informasi singkat yang dapat menuntun mereka melakukan pembelian.
Membantu Membuat Daftar Kontak Email
CTA tidak selalu mengenai pembelian karena ada banyak bentuk CTA yang dapat kamu buat sesuai kebutuhan serta tujuan. CTA juga sangat membantu dalam membuat daftar kontak email.
Evaluasi
CTA juga bermanfaat untuk melakukan evaluasi sehingga kamu dapat tahu apa saja kekurangan pada marketing atau promosi yang telah kamu lakukan. Dengan CTA, kamu dapat menganalisis mengapa orang-orang tidak membeli produk setelah mengklik tombol atau ikon keranjang.
Kesimpulan
CTA atau Call to Action mempunyai peran penting dalam pemasaran, jadi kamu tidak boleh melewatkannya. Akan tetapi, membuat CTA yang efektif serta menarik bukanlah pekerjaan yang mudah. Oleh karena itu, kamu harus mempunyai pengetahuan dasar tentang CTA.
Call to Action akan membantu pebisnis memperoleh hasil marketing yang lebih optimal. CTA juga sangat bermanfaat untuk melakukan evaluasi dan menemukan kelemahan serta kekurangan agar bisnis kamu dapat melakukan perbaikan di masa depan.
Itulah pembahasan mengenai CTA yang telah kami rangkum untuk kamu. Semoga bermanfaat untuk kelangsungan bisnis kamu.
See You!!!
Related Posts
Tips Memilih Tema WordPress yang Ramah SEO
Memilih tema WordPress yang ramah SEO adalah suatu proses yang cukup sulit. Tema merupakan suatu komponen yang akan dilihat pertama kali oleh pelanggan saat berkunjung ke website Anda. Tema yang menarik akan memberikan kesan yang…
- Jun 28
Cara membuat Meta Description yang Baik dan Benar
Meta description adalah sebuah HTML tag, yang tujuan keberadaannya sederhana yaitu membuat orang yang melakukan pencarian dengan keyword tertentu di Search Engine untuk mengklik ke link kamu. Dengan kata lain, meta description ada untuk menghasilkan…
- Jun 27
Latest Post
Ini Dia Cara Atasi Tantangan dalam Affiliate Marketing di Media Sosial
- November 11, 2024
Tips Gunakan Google Ads untuk Meningkatkan Affiliate Sales
- November 7, 2024
6 Tips Bangun Personal Brand untuk Affiliate Marketing yang Sukses
- November 6, 2024
Komentar Terbaru
- M Iqbal Hidayatullah on Memasang Watermark Pada Gambar Secara Otomatis di WordPress
- M Iqbal Hidayatullah on Membuat Artikel Masuk Dalam Halaman Pertama Google
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Upload Gambar WebP di WordPress Tanpa Plugin
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link