- WhatsApp : (+62) 8777-739-2959
- Support : Kirim Ticket
- Sales : Kirim Ticket
- Pembayaran : Kirim Ticket
Untuk meningkatkan jumlah pengunjung dalam sebuah website atau blog, kita bisa menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization) atau mengoptimalkan website supaya ramah di mesin pencarian. Namun selain SEO, ada juga beberapa teknik lain untuk meningkatkan visitor blog, yaitu SEM dan SMM. Sangat penting untuk memahami SEO, SEM, dan SMM bagi pemilik website.
Kebanyakan orang mungkin masih asing dengan istilah-istilah tersebut. Namun untuk para Blogger dan Internet Marketer ini merupakan istilah yang setiap hari mereka dengar dan sudah menjadi makanan sehari-hari. Nah pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian SEO, SEM, dan SMM beserta fungsi atau manfaatnya.
Pengertian SEO, SEM dan SMM
SEO, SEM dan SMM merupakan tiga metode yang paling banyak digunakan untuk meningkatkan trafik website secara tertarget. Ketiga metode ini tidaklah sama, masing-masing memiliki pengertian dan cara kerjanya sendiri. Berikut ini adalah pengertian SEO, SEM dan SMM.
1. Pengertian SEO
SEO (Search Engine Optimization) merupakan sebuah proses untuk meningkatkan peringkat sebuah website di mesin pencarian seperti Google, baik itu dengan cara organik maupun berbayar. Proses SEO ini akan berjalan dengan mulus apabila website memiliki berbagai elemen yang disukai oleh mesin pencari.
Dengan menerapkan teknik SEO, Google atau mesin pencari akan menampilkan website Anda di halaman pertama Google. Secara garis besar, ada dua teknik SEO yang biasanya dilakukan para praktisi, yaitu SEO On-Page dan SEO Off-Page.
Optimasi SEO On-Page berfokus pada berbagai elemen yang terdapat dalam website seperti kontek, kode HTML, gambar, internal link, dan lain sebagainya. Sedangkan optimasi SEO Off-Page terpusat pada banyaknya backlink berkualitas yang tertaut ke website Anda.
Selain On-Page dan Off-Page, ada beberapa metode lain yang berpengaruh dalam hasil penelusuran mesin pencari, yaitu White Hat SEO, Black Hat, dan Gray Hat. Jika Anda ingin website disukai oleh Google dan mesin pencarian lain, sebaiknya gunakan White Hat SEO karena lebih aman.
2. Pengertian SEM
SEM (Search Engine Marketing) merupakan jenis internet marketing yang berhubungan dengan riset, submit, dan posisi dari sebuah website dalam hasil penelusuran mesin pencari untuk meningkatkan jumlah pengunjung, baik itu menggunakan metode organik maupun berbayar.
SEM ini berbeda dengan SEO, dalam teknik SEM ini dibutuhkan berbagai elemen penting untuk mendapatkan pengunjung lebih banyak. Diantaranya adalah dengan melakukan riset kata kunci, menganalisa kompetitor, posting berbayar, dan berbagai layanan dari mesin pencari.
Teknik SEM memiliki jangkauan yang lebih luas dibanding SEO. Tujuan utama dari SEO adalah mendapat banyak pengunjung dari mesin pencari, sedangkan tujuan utama SEM adalah mendapat pengunjung tertarget dari mesin pencarian lewat iklan berbentuk link di hasil penelusuran.
Berbeda dengan SEO yang hanya fokus pada hasil pencarian, SEM ini lebih fokus digunakan untuk mendapat pelanggan yang akan membeli atau menggunakan jasa yang ditawarkan. SEM ini biasanya digunakan untuk menjual produk atau menawarkan jasa.
3. Pengertian SMM
SMM (Social Media Marketing) adalah sebuah teknik gratisan maupun berbayar dengan tujuan mendapatkan traffic tertarget menuju website dengan mengandalkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, Youtube, dan media sosial lain.
Jadi bisa dikatakan SMM ini merupakan sebuah cara meningkatkan nilai jual sebuah website dengan bantuan sosial media, baik itu menggunakan cara organik atau berbayar dengan memasang iklan. SMM dibagi menjadi dua, yaitu SMO (Social Media Optimization) dan SMA (Social Media Advertising).
Tujuan SMO adalah meningkatkan trafik tertarget ke website dengan aktivitas sosial di media sosial seperti update status di media sosial, blogging, diskusi grup, social bookmarking, manajemen reputasi online, viral, rating pengguna, feedback, dan lain sebagainya.
Sedangkan tujuan dari SMA adalah meningkatkan trafik tertarget ke sebuah website dengan menggunakan layanan iklan dari jaringan sosial media. Pemilik website harus membayar ke penyedia jasa supaya website mereka dipromosikan.
Manfaat SEO, SEM dan SMM
Setelah Anda mengetahui pengertian SEO, SEM dan SMM, selanjutnya Anda juga harus mengetahui manfaat SEO, manfaat SEM, dan manfaat SMM untuk sebuah website atau bisnis. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan ketiga teknik diatas.
1. Meningkatkan Pengunjung
Teknik SEO, SEM, dan SMM semua memiliki tujuan yang sama, yaitu meningkatkan jumlah kunjungan dari para pengguna internet yang sudah ditargetkan. Pengguna ini bisa dari mesin pencari maupun sosial media. Ketika metode tersebut sangat efektif untuk meningkatkan pengunjung dan penjualan.
2. Meningkatkan Peringkat Website
Jika Anda ingin website menjadi lebih ramah di mata mesin pencarian, maka metode SEO, SEM, dan SMM ini sangat penting untuk dilakukan. Dengan menggunakan metode tersebut, peringkat website di mata pencarian dengan kata kunci tertentu akan naik, dan ada kemungkinan bisa berada di halaman pertama mesin pencarian.
3. Website Cepat Populer
Cara tercepat untuk menarik perhatian pengguna internet supaya mau ke website Anda adalah dengan menggunakan metode SEO, SEM, dan SMM. Biayanya juga lebih terjangkau dibanding promosi offline ataupun menggunakan email marketing.
4. Melakukan Analisis Mudah
Metode SEO, SEM, dan SMM memungkinkan pemilik website menganalisis dan mengetahui kebiasaan para pengunjung sehingga bisa memaksimalkan kata kunci yang ditargetkan. Dengan analisa yang tepat, pemilik bisa menetapkan strategi yang tepat dan mendapat hasil maksimal.
5. Meningkatkan Brand Awareness
Selain meningkatkan trafik, metode SEO, SEM, dan SMM juga bisa meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek Anda di mata pengguna internet dan sosial media. Semakin tinggi posisi website di mesin pencari atau sosial media, semakin banyak kunjungan yang bisa meningkatkan penjualan.
Related Posts
Tips Menempatkan CTA yang Efektif di Website
Dalam dunia desain UI/UX, salah satu elemen penting yang sering kali menjadi penentu kesuksesan sebuah website adalah Call to Action (CTA). CTA adalah tombol, tautan, atau teks yang dirancang untuk mengajak pengunjung melakukan tindakan tertentu,…
- Aug 11
Apa Itu Google Sandbox Dan Tips Mengatasinya
Google Sandbox. Demin mencegah spam dari ribuan situs baru yang bermunculan, Google merancang sebuah filter yang disebut Google Sandbox. Filter ini bermanfaat untuk mencegah situs-situs yang baru dibuat untuk menduduki peringkat tertinggi selama 2-12 bulan…
- Mar 09
Latest Post
Ini Dia Cara Atasi Tantangan dalam Affiliate Marketing di Media Sosial
- November 11, 2024
Tips Gunakan Google Ads untuk Meningkatkan Affiliate Sales
- November 7, 2024
6 Tips Bangun Personal Brand untuk Affiliate Marketing yang Sukses
- November 6, 2024
Komentar Terbaru
- M Iqbal Hidayatullah on Memasang Watermark Pada Gambar Secara Otomatis di WordPress
- M Iqbal Hidayatullah on Membuat Artikel Masuk Dalam Halaman Pertama Google
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Upload Gambar WebP di WordPress Tanpa Plugin
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link