- WhatsApp : (+62) 8777-739-2959
- Support : Kirim Ticket
- Sales : Kirim Ticket
- Pembayaran : Kirim Ticket
Beberapa orang mencoba melakukan bisnis untuk menambah penghasilan. Bisnis yang dipilih pun beraneka ragam, kuliner, busana, dan lain – lain. Diluar itu semua, bagian terpenting bisnis adalah promosi. Di era yang serba digital ini, harus menjadikan kalian lebih kreatif lagi dengan melakukan promosi. Melihat kondisi sekarang, promosi yang paling mudah dilakukan adalah melalui media sosial seperti instagram. Melihat kondisi ini, Instagram melakukan pembaharuan dengan mengeluarkan fitur Instagram bisnis.
Instagram bisnis tentu berbeda dengan Instagram biasa. Di dalamnya terdapat fitur -fitur yang memang menunjan untuk bisnis. Dalam Instagram bisnis, kalian bisa melakukan promosi, branding, mencari pelanggan atau konsumen secara luas dan tak terbatas. Tentunya, semua tergantung pada bagaimana kalian mengelola Instagram tersebut.
Manfaat dan Fitur Instargam Bisnis
Berikut adalah manfaat yang perlu anda ketahui dari Instagram bisnis
1. Informasi Bisnis
Fitur ini menampilkan tentang informasi bisnis yang kalian jalani. Informasi ini akan muncul secara otomatis pada bagian bio profil, sehingga pengunjung Instagram dapat secara langsung mengetahui tentang bio profil bisnis. Didalamnya juga terdapat berbagai kategori bisnis yang bisa dimunculkan seperti travel, agency, music, design, fashion, finance dan lain – lain.
2. Auto Reply
Meski sudah memaparkan produk dengan jelas, masih banyak calon konsumen yang sering bertanya terkait produk yang ditawarkan atau mungkin ketersediaan produk. Dan yang perlu diperhatikan adalah fakta bahwa beberapa orang batal untuk membeli ketika mereka merasa kurang jelas dengan produk atau pertanyaan terkait produk tidak kunjung dibalas. Maka dari itu, perlu fitur auto reply untuk mengatasi hal tersebut.
3. Mudah Menentukan Target Konsumen
Sebelum menggunakan Instagram bisnis, disarankan bagi pemilik bisnis untuk menentukan pasar atau calon pelanggan yang akan ditawarkan. Tipe pelanggan seperti apa yang menjadi sasaran pasar untuk bisnis. Hal ini dimaksudkan agar bisnis yang dijalankan lebih mudah karena materi pada konten – konten yang kalian buat akan lebih mudah dipahami dan diterima.
Tentunya, pemilik bisnis harus melakukan riset tentang calon pelanggan terlebih dahulu. Riset bisa kalian lakukan dengan mengamati kompetitor dalam menjalankan bisnis mereka. Pengamatan harus dilakukan dengan cermat dan bijaksana.
4. Shortcut Kontak dan Email
Bagi pengguna Instagram bisnis, mereka akan mendapat fitur khusus yaitu shortcut kontak dan email. Fitur ini membantu penggunanya untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Calon pelanggan bisa menghubungi pemilik bisnis untuk menanyakan dan memesan produk yang ditawarkan.
5. Instagram Insight
Instagram insight adalah fitur Instagram bisnis yang berisi informasi mengenai konten yang kalian posting, jumlah interaksi yang ada di akun Instagram, dan data diri followers seperti jenis kelamin, usia, dan demografi. Manfaat dari fitur ini adalah menentukan target pengunjung untuk keperluan social media campaign. Sehingga pemilik bisnis mampu mengetahui karakteristik calon pelanggan kalian. Kelebihan ini tentu saja tidak bisa kalian dapatkan dari Instagram biasa.
6. Instagram Ads
Setelah mengenal aundience atau calon pelanggan, tentunya kalian harus mengenalkan produk dan menjangkau audience semakin luas lagi. Kalian bisa melakukannya dengan iklan. Menu Instagram ads inilah yang bisa kalian gunakan untuk mengiklankan produk.
Iklan kalian susun atau rancang sendiri sesuai keinginan. Kemudian dipublikasikan lewat instagram ads sehingga bisa dilihat banyak orang. Iklan tersebut akan muncul secara otomatis di berbagai titik ketika para konsumen melakukan scrolling down pada timeline Instagram mereka. Ads sendiri bisa kalian post atau bisa dipublikasikan melaui stories Instagram juga.
Kesimpulan
Dengan banyaknya fitur dan manfaat dari Instagram bisnis, kalian sebagai calon pebisnis harus mampu memaksimalkan pemakaian aplikasi ini agar bisnis berjalan lancar sesuai harapan. Jika berhasil, kalian bisa meningkatkan pelanggan dan memperluas bisnis.
Semoga informasi di atas bisa membantu dan menambah wawasan kalian. Selamat mencoba dan memulai bisnis.
Related Posts
Pengertian Email Marketing
Salah satu strategi cara untuk menaikkan penjualan serta meningkatkan brand awareness adalah dengan email marketing. Lalu, bagaimana cara untuk menaikkan penjualan dengan email marketing? Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa strategi dan juga tools…
- Jun 26
Shadowban: Apa Itu? dan Cara Menghindarinya
Pernahkah Anda mendengar istilah Shadowban? Istilah ini sering muncul di dunia media sosial dan bisa jadi sangat mengganggu bagi Anda yang aktif di platform tersebut. Tapi, tenang saja! Kami di sini untuk membahas apa itu shadowban…
- May 24
Latest Post
Ini Dia Cara Atasi Tantangan dalam Affiliate Marketing di Media Sosial
- November 11, 2024
Tips Gunakan Google Ads untuk Meningkatkan Affiliate Sales
- November 7, 2024
6 Tips Bangun Personal Brand untuk Affiliate Marketing yang Sukses
- November 6, 2024
Komentar Terbaru
- M Iqbal Hidayatullah on Memasang Watermark Pada Gambar Secara Otomatis di WordPress
- M Iqbal Hidayatullah on Membuat Artikel Masuk Dalam Halaman Pertama Google
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Upload Gambar WebP di WordPress Tanpa Plugin
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link